Breaking News

Jadi Mahasiswa, Siap-Siap KKN

664xauto-lebih-dekat-dengan-ninih-gadis-ayu-penjual-getuk-1411263-004-rev1

Selain mengejar prestasi akademis dan memperbanyak pengalaman dalam organisasi, mahasiswa juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat. Umumnya program pengabdian kepada masyarakat ini disebut dengan kuliah kerja nyata (KKN). Nah, bagi para mahasiswa baru, yuk kenali lebih lanjut tugas KKN!

Pelaksanaan KKN wajib bagi mahasiswa yang sudah memasuki tingkat tiga atau di semester VI. Durasi KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan di suatu daerah setingkat desa. Selama itu, para mahasiswa akan mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari di dalam kelas dalam sebuah program masyarakat.

Selama KKN, para mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Bahkan dalam satu kelompok berasal dari jurusan dan fakultas yang berbeda. Kemudian, masing-masing kelompok akan ditempatkan di desa berbeda.

Penerapan program akan disesuaikan keadaan masyarakat setempat. Beberapa tema KKN, antara lain, pendidikan, pariwisata, sumber daya alam, dan peduli bencana. Supaya program berjalan sukses, para mahasiswa KKN harus bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat.

Setiap kelompok harus tetap kompak saat menjalani KKN. Para mahasiswa juga dituntut untuk hidup mandiri dan mampu mengatasi segala keterbatasan yang ditemukan di lokasi KKN. Tak jarang mahasiswa juga merasakan home sick atau kangen dengan keluarga di rumah.

Di balik segala masalah yang dihadapi di desa, kegiatan KKN akan memberikan kenangan tersendiri bagi mahasiswa. Apalagi jika saat KKN berakhir masyarakat setempat merasa kehilangan, itu menandakan bahwa kehadiranmu di sana memberi kesan dan sukses

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*