Breaking News

Uhamka Kerja Sama dengan Dua Universitas Terkemuka Inggris

32e24331-07c7-4248-8880-63714f67ab32

(Jakarta, GEMA UHAMKA) UNIVERSITAS Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) menjalin kerja sama pendidikan tinggi dengan dua universitas terkemuka di United Kingdom, Inggris.

Penandatanganan kerja sama dalam Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Wakil Rektor Uhamka, Prof Dr Gunawan Suryoputro, secara terpisah, pada Senin (12/9). Pertama di Kampus Coventry University di Coventry, Inggris, dengan Prof Dr David Pilsbury, selaku Vice Deputy Chansellor, serta di Kampus De Monfort University di Leicester, Inggris, bersama David Boyes PhD.

Melalui keterangan tertulis, Rabu (13/9), Gunawan menjelaskan penandatanganan MoU itu merupakan bagian dari kegiatan Perguruan Tinggi Muhmmadiyah (PTM) Leader Visit yang dikoordinatori Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama Kantor Urusan Internasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Kesempatan kunjungan kerja sama ini diikuti 43 peserta dari 27 perguruan tinggi di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Gunawan, yang juga Guru Besar Bahasa Inggris Uhamka, mengemukakan, Coventry University merupakan universitas komprehensif dengan beragam jurusan, selain kedokteran, yang merupakan universitas berperingkat 15 se-Inggris Raya menurut Guardian University Guide 2016 dan 2017, serta Top 4 Student Experience.

Saat ini, Coventry memiliki 35 ribu mahasiswa, dan 150 di antaranya merupakan mahasiswa asal Indonesia yang menempuh kuliah di kampus tersebut.

Sedangkan De Montfort University memiliki program Global Internship bagi mahasiswa internasional untuk magang di berbagai bidang, yakni Health and Social Sciences, Business and Law, Art, Design and Humanities, dan Technology.

De Monfort University merupakan 30 Top Student Satisfaction dan menduduk peringkat 150 Times Higher Education (THE).

“Uhamka menindak lanjuti dan menjalin kerja sama melalui MoU dengan kedua universitas besar di Inggris ini dalam bentuk internship (pemagangan) dan student mobility di bidang kesehatan, bisnis, teknik informasi, dan manajemen. Dan bagi Coventry, seperti yang disampaikan Prof Mike Hardy, masa depan dunia akan ditentukan oleh negara-negara Asia, di antaranya Indonesia,” ungkap Gunawan.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan kerja sama tersebut Uhamka akan berkesempatan mengadakan studi lanjutan dosen di kedua kampus tersebut.

“Intinya secara umum tujuan kunjungan kami melalui PTM Leader Visit melakukan internasionalisasi Uhamka,” pungkasnya.

Editor : Akhlanudin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*