AGENDA
SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA UHAMKA III
“Media Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan HOTs”
Sabtu, 22 Oktober 2016
WAKTU |
ACARA |
PEMBICARA |
07.30 – 08.00 |
Registrasi |
– |
08.00 – 08.30 |
Opening Ceremony
Laporan Ketua Pelaksana Sambutan Presiden IndoMS Sambutan dan Pembukaan Rektor UHAMKA |
Dr. Ishaq Nuriadin, M.Pd Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd |
08.30 – 09.00 |
Hiburan |
|
09.00 – 09.45 |
Key Note SpeakerMatematika Kreatif untuk Kita | Sandiaga Uno |
09.45 – 11.4 |
Plenary Session
1. High Order Thinking Skill dalam Pembelajaran Matematika |
Prof. Dr. Hj. Utari Sumarmo (Universitas Pendidikan Indonesia) |
2. Matematika Realistik untuk High Order Thinking Skill | Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd
(Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA) |
|
11.45 – 13.00 |
Ishoma |
|
13.00 – 16.00 |
Parallel Session |
Pemakalah |
16.00 – 16.30 |
Penutupan |
Dekan FKIP UHAMKA |
Pembicara
Prof. Dr. Utari Soemarmo
(Universitas Pendidikan Indonesia)
Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd.
(Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
FORMAT PENULISAN
ABSTRAK
Ketentuan dalam penulisan abstrak:
- Heading memuat nama lengkap penulis (cetak tebal), judul artikel (dicetak miring), dilengkapi asal institusi penulis, kota, dan tahun.
- Teks abstrak disajikan secara padat intisari dari artikel, yang mencakup tujuan penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian yang diperoleh, dan kesimpulan.
- Bagian akhir dari abstrak memuat kata kunci berkisar antara tiga sampai 5 kata kunci.
- Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, diketik dalam satu spasi, dan maksimal memuat 250 kata.
ARTIKEL
Pedoman PENULISAN artikel Prosiding Seminar Nasional Matematika UHAMKA
Pedoman Penulisan
- Artikel merupakan pemikiran sendiri dan belum pernah dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain.
- Artikel dibuat 2 kolom, dengan ketentuan ukuran kertas A4, font Times New Roman, font size 12, line spacing single, dan alignment justified dengan jumlah 5 halaman. Margins atas, bawah, kanan, kiri adalah 1 inch (2,54 cm).
- Artikel secara keseluruhan ditulis dalam Bahasa Indonesia, kecuali abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris.
- Penulis harus merujuk pada tata cara penulisan prosiding Seminar Nasional Matematika UHAMKA, terlampir pada website: senamku.matematika-uhamka.com.
- Artikel dikirim secara elektronik berupa file melalui email: uhamka@gmail.com.
- Tulisan yang terpilih oleh reviewer akan diterbitkan di jurnal SIGMA dan KALAMATIKA (Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA) terbit pada bulan Februari 2016.
Sistematika Penulisan
1. Artikel hasil penelitian disusun sebagai berikut:
Judul
Nama penulis (tanpa gelar)
Institusi
Alamat email
Abstrak (Bahasa Inggris)
Kata kunci (Bahasa Inggris)
- Pendahuluan
- Metode
- Hasil dan Pembahasan
- Kesimpulan
- Referensi
2. Artikel kajian teori disusun sebagai berikut:
Judul
Nama penulis (tanpa gelar)
Institusi
Alamat email
Abstrak (Bahasa Inggris)
Kata kunci (Bahasa Inggris)
- Pendahuluan
- Sub judul 1
- Sub judul 2
- Penutup
- Referensi
Penjelasan sistematika penulisan:
- Judul
Judul dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan font Times New Roman, font size 14, line spacing single, alignment center, all caps, dan font style bold. Sub judul (jika ada) ditulis dengan font Times New Roman, font size 12 dan diberi tanda kurung. Setiap huruf awal dari kata dalam sub judul ditulis dengan huruf kapital, kecuali untuk kata sambung dan preposisi.
- Nama Penulis
Nama ditulis tanpa gelar dengan font Times New Roman, font size 12, dan font style bold. Insititusi dan alamat email ditulis dengan menggunakan font Times New Roman, font size 10, dan font style italic.
- Abstrak
Bagian ini harus menggambarkan secara lengkap esensi penelitian/kajian teori yang ditulis secara singkat, meliputi latar belakang dan tujuan penelitian/penulisan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis maksimum 150 kata dengan font size 10 dan line spacing single.
- Kata kunci
Kata kunci harus merujuk kepada judul artikel dengan menggunakan font Times New Roman, font size 10, font style italic, dan maksimum 5 kata.
- Heading
Heading adalah judul untuk setiap bagian di dalam artikel, seperti pendahuluan, metode/sub judul, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. Heading ditulis dengan menggunakan font Times New Roman dan font size 12. Setiap huruf awal dari kata dalam heading ditulis dengan huruf kapital, tidak diberi nomor dan font style bold dengan posisi sebelah kiri. Apabila ada sub judul dari heading, maka diberi nomor dan disusun dengan urutan sebagai berikut: A, B, C, dst; 1, 2, 3, dst; a, b, c, dst; 1), 2), 3), dst; a), b), c), dst.
- Teks tulisan
Semua teks tulisan ditulis menggunakan font Times New Roman, font size 12, line spacing single, dan alignment justified. Awal paragraf dibuat menjorok. Penulisan singkatan untuk pertama kali muncul dalam teks harus diikuti dengan kepanjangannya, kemudian cukup ditulis singkatannya saja. Penulisan bahasa asing ditulis dengan font style italic. Bilangan dari nol sampai sembilan ditulis dalam kata. Jika tabel atau gambar dikutip, maka dalam narasi ditulis dengan menggunakan huruf awal kapital. Contoh: Tabel 1, Gambar 1.
- Penulisan tabel (jika ada)
Penulisan tabel ditulis dengan font Times New Roman dan font size 12. Setiap huruf awal dari kata dalam judul tabel ditulis dengan huruf kapital, kecuali untuk kata sambung dan preposisi. Di bawah tabel diberi keterangan secukupnya. Judul tabel ditulis di atas tabel dan alignment centered.
- Penulisan gambar (jika ada)
Penulisan gambar ditulis dengan font Times New Roman dan font size 12. Setiap huruf awal dari kata dalam judul gambar ditulis dengan huruf kapital kecuali untuk kata sambung dan preposisi. Judul gambar ditulis di bawah gambar dan alignment centered.
- Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi tentang permasalahan atau konsep atau hasil penelitian sebelumnya yang merupakan dasar dilakukannya penelitian atau pengkajian teori. Pendahuluan juga hendaknya menjelaskan tentang latar belakang dan mengapa topik penelitian penting untuk dilakukan dan diakhir pendahuluan dijelaskan tentang tujuan penelitian atau penulisan.
- Metode
Metode harus menjelaskan tentang tahapan penelitian secara rinci dan jelas, termasuk metode dan desain penelitian, serta instrumen atau alat ukur yang digunakan. Khusus untuk artikel kajian teori pada bagian ini berisi sub judul-sub judul (jumlah sub judul disesuaikan dengan kebutuhan).
- Hasil dan Pembahasan
Bagian ini menyajikan informasi tentang temuan dan hasil penelitian. Data tentang hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tabel, gambar maupun grafik yang diberi keterangan. Tata cara penulisan tabel akan dijelaskan secara tersendiri. Pada bagian ini pula dikemukakan pembahasan yang menjelaskan keterkaitan antara hasil penelitian dengan teori, tujuan penelitian, serta perbandingan dengan penelitian lain yang telah dipublikasikan. Pembahasan juga menjelaskan implikasi atau kontribusi temuan bagi ilmu pengetahuan.
- Kesimpulan
Bagian ini menyajikan kesimpulan dari hasil penelitian secara ringkas disertai dengan saran-saran yang ditujukan untuk peneliti selanjutnya atau para pembaca secara umum.
- Referensi
Pustaka yang ditulis dalam referensi ini hanya yang benar-benar dikutip dalam artikel. Referensi ditulis berurutan secara alfabetis dengan tata cara penulisan sebagai berikut.
Ketentuan penulisan referensi:
1. Untuk buku yang ditulis oleh satu orang
Bell, F. H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). United States of America: Win C. Brown Company.
2. Untuk buku yang ditulis oleh dua orang
Krulik, S. & Reys, R. E. 1980. Problem Solving in School Mathematics. Virginia: NCTM.
3. Untuk buku yang ditulis oleh penulis lebih dari tiga orang
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran) Edisi Delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
4. Untuk sumber yang ditulis oleh departemen
Kementrian Pendidikan Nasional. 2012. Panduan Kebijakan Pengembangan Guru Professional. Jakarta.
5. Untuk sumber dari tesis atau disertasi
Bano, E. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Metakognitif Berbantuan Autograph. Tesis pada Sps UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
6. Untuk sumber dari jurnal
Ifenthaler, D. 2012. Determining the Effectiveness of Prompts for Self-Regulated Learning in Problem-Solving Scenarios. Educational Technology & Society, 15 (1), 38-52.
7. Untuk sumber dari internet
Pintrich. 1995. Promotion of Self Regulated Learning. Diakses 11 Oktober 2012.[Online] di http://dwb.unl.edu/Book/CH09/Chapter09w.html.
Contoh penulisan tabel
Tabel 1. Statistik Deskriptif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Contoh penulisan gambar
Gambar 1. Rata-rata Skor Pretes dan Postes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Setiap artikel yang masuk akan diseleksi dan yang dinyatakan diterima akan dimuat dalam prosiding ber-ISBN. Seleksi artikel dilakukan dengan mempertimbangkan kualitas dan keterbatasan tempat.
Pendaftaran dan abstrak dilakukan pada laman di sini
Artikel dapat dikirimkan via email senamku.uhamka@gmail.com
Contoh Template Artikel dapat diunduh di sini
BIAYA
Peserta Pemakalah* | |
Umum | Rp. 500.000,- * |
S1-UHAMKA | Rp. 250.000,- * |
Peserta Non-Pemakalah | |
Umum | Rp. 150.000,- |
S1-UHAMKA | Rp. 100.000,- |
*) Biaya sudah termasuk biaya prosiding.
Biaya peserta dapat dikirimkan melalui rekening
Bank Mandiri : 155-00-05915254 a.n. Ayu Faradillah
Bank BNI : 0266-38-2724 a.n. Ayu Faradillah
Konfirmasi Pembayaran :
SMS/Whatsapp : 085692973330
Email : senamku.uhamka@gmail.com