Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau di singkat BEM FT UHAMKA, adalah sebuah organisasi/kelembagaan Mahasiswa resmi yang berada pada intern kampus. BEM FT UHAMKA berdiri sekaligus berdirinya Fakultas Teknik UHAMKA pada tahun 30 Mei 1997 (dulu disebut SEMA atau Senat Mahasiswa).

BEM FT UHAMKA merupakan salah satu dari bagian pergerakan mahasiswa yang mengedepankan nilai-nilai intelektual, inisiatif, kepedulian, kritis dan mandiri. Salah satu lembaga eksekutif tertinggi ditingkat fakultas, BEM FT UHAMKA memiliki visioner dan misi terstruktur yang sesuai dengan aturan-aturan dan pedoman yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi (Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah), AD/ART KM UHAMKA, GBHO/GBHK KMFT UHAMKA dan landasan utama dari Al-Quran dan Assunnah, Pancasila dan UUD’1945.

BEM FT UHAMKA juga merupakan bagian dari perkembangan dan kemajuan bangsa dimana mahasiswa sebagai salah satu bagian yang mempunyai fungsi “lebih” dari rakyat biasanya. Maka dari itu BEM FT UHAMKA yang bergerak dalam tatanan fakultas (naungannya) memiliki suatu tekad kuat dan niat yang tulus untuk saling berpegangan tangan demi kemajuan bersama dan khususnya untuk kemajuan bangsa dan Negara Republik Indonesia sehingga terciptanya manusia seutuhnya yang harus dan berusaha berada pada nilai-nilai ketulusan.

berikan aku seribu orang tua, niscaya kan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda maka akan ku guncangkan dunia –Ir.Soekarno (Presiden Pertama Republik Indonesia)

 

Visi

Terwujudnya BEM FT UHAMKA yang Sinergi dan Progresif dalam Kinerja dan Berkarya

Misi

  1. Memaksimalkan potensi kelembagaan FT UHAMKA dengan meningkatkan sinergisitas dan solidaritas KMFT UHAMKA
  2. Menjaga hubungan baik kelembagaan dengan semua civitas akademika FT UHAMKA
  3. Meningkatkan kinerja dengan proses peningkatan kreatifitas program
  4. Mengembangkan potensi minat dan bakat baik tatanan akademis maupun nonakademis

Bidang I BEM FT UHAMKA (Organisasi dan Kaderisasi)

Bidang Organisasi dan Kaderisasi adalah bidang fokus pada pengembangan organisasi dan pencarian kader di BEM FT UHAMKA. Sebagai organisasi kader dalam tatanan kelembagaan mahasiswa, Bidang I berkewajiban merencanakan, mengawal dan mencari proses organisasi dan kaderisasi yang terjadi dalam tingkatan eksekutif di tingkat fakultas. Sebagai suatu gerakan mahasiswa yang memiliki intelektualitas, semua perjalanan organisasi dan kaderisasi di BEM FT UHAMKA harus mampu terus berkembang dalam berbagai aspek. Semua program dan kelangsungan organisasi harus memperhatikan nilai-nilai intelektualitas, kebersamaan, tanggung jawab dan ketulusan agar mampu mencetak organisatoris yang baik. Dan, tentu saja bekerja sama dengan bidang terkait sesama lembaga fakultas teknik.

Bidang II BEM FT UHAMKA (Sosial dan Ekonomi)

Bidang Sosial dan Ekonomi adalah bidang yang berfokus pada penerapan nilai-nilai social dan pengembangan kemandirian dalam segi ekonomi (kewirausahaan). Sebagai lembaga mahasiswa yang baik nilai social dan kemandirian dalam ekonomi harus ditanamkan pada seluruh mahasiswa yang berada dibawah naungan kelembagaan mahasiswa. Kepedulian social dan kemandirian ekonomi tidak dapat di laksanakan tanpa adanya dukungan dan rasa kebersamaan dari semua pihak yang terkait. Adanya suatu hubungan social yang baik akan tercipta jikat lingkungannya (masyarakat) memiliki kepedulian dan keinginan untuk maju, apalagi mahasiswa yang berkedudukan sebagai agent of change harus mencontohkan dahulu tentang rasa kepedulian social dan kemandirian baik dalam aspek akademik maupun non akademik.

Bidang III BEM FT UHAMKA (Pecinta Alam Teknik UHAMKA)

Bidang III yang berfokus pada ke-pecinta alam-an memiliki suatu fungsi yang penting terkait masalah “cinta kepada alam”, pelestarian alam, dan segala bentuk kreativitas dan kepedulian tentang alam. Bidang III juga berkewajiban meng-akomodir seluruh mahasiswa Fakultas Teknik dalam pengembangan diri tentang bagaimana menghargai dan mencintai alam. Mencintai dan menghargai alam adalah bentuk kecintaan kita kepada bumi, kecintaan kita kepada bangsa dan Negara agar kita dapat menjaga alam ini untuk selalu lestari demi kelangsungan hidup generasi-generasi berikutnya.

Bidang IV BEM FT UHAMKA (Infokom dan Humas)

Bidang IV adalah bidang yang berfokus pada ke-humas-an BEM FT UHAMKA dalam kelangsungan press realease BEM FT UHAMKA selama satu peride, baik secara media elektronik, media cetak maupun dengan media apapun. Bidang ini juga memiliki kewajiban dalam inventaris seluruh “Bank Data” yang dimiliki BEM FT UHAMKA sehingga mampu di informasikan kepada seluruh pihak terkait, yang bekerja sama dengan Sekretaris Umum dalam proses penyajiannya. Selain itu juga, bidang ini bertugas sebagai pusat informasi di BEM FT UHAMKA terkait dengan pihak luar untuk melakukan kerja sama, relasi organisasi dan hubungan kelembagaan lainnya baik dalam tatanan lembaga mahasiswa maupun lainnya.

Bidang V BEM FT UHAMKA (IPTEK dan Kreativitas)

Bidang ini memiliki fungsi sebagai eksekusi dalam program, terkait masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kreativitas. Keberadaan bidang ini berkaitan dengan akomodir semua jurusan di fakultas untuk saling ber-sinergi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mencakup semua jurusan yang terkait. Bidang ini juga berfokus pada kreativitas mahasiswa teknik dalam bidang olahraga dan komunitas. Guna memfasilitasi terhadap pengembangan intelektualitas mahasiswa dan seluruh elemen fakultas diharapkan mampu dan memiliki kepedulian dalam pengembangan relasi serta jaringan.

Picture1 Picture2 Picture3 Picture4 Picture5

 

Leave a Reply