11136657_524187281053391_861502002050086946_n

Hari Idul Adha dan peristiwa kurban yang setiap tahun dilaksanakan dan dirayakan oleh umat muslim diseluruh dunia seharusnya tak lagi menjadi pertanyaan dan dimaknai hanya sebatas ritual belaka, namun harus diletakan pada konteks peneguhan nilai kemanusian dan spiritual keadilan sebagaimana yang telah diajarkan oelh rasulullah SAW dan para ulama Agama islam. Namun hingga saat ini masih banyak orang tidak memahami dengan baik dan jelas dari berkurban itu sendiri dan hanya menimbulkan berbagai kesimpangan yang jauh dari maksud dan maknadari berkurban itu sendiri.

Jika dilihat dari pengertiannya jika berkurban itu mengandung arti mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui penyebembelihan hewan kurban. Dalam arti luasnya berarti bukan saja kita mendekatkan diri kepada yang maha kuasa saja, namun mendekatkan diri kita kepada mereka yangmasih membutuhkan bantuan kita seperti fakir dan mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan kita yang mampu. Bukan kita umat islam bersaudara dan dalam hal berkurban ini pula kita dituntut untuk mengenal siapa kita dan siapa saudara kita agar saling mengasihi, mengenal dan satu dengan yang lainnya. Namun diera saat ini, berkurban bukanlah lagi menetap pada posisi yang seharusnya, namun semakin hari semakin meleceng jauh dari ajaran dan tujuan yang sebenarnya.

Mereka hanya mengerti berkurban namun mereka tak pernah mengerti apa yang mereka lakukan tersebut dan beralih dari itu semua tujuan mereka hanya ingin mengobarkan kesenjangan antar manusia melalui kurban mereka menyatakan jika mereka dari golongan terpandang. Jika hal itu sudah terjadi maka kurban telah menjadi korban harta namun tak dapat apa-apa dari Allah SWT jika dihati mereka masih tertanam rasa ingin dilihat dan membanggakan diri dan sudah keluar dari jalur berkurban itu sendiri. Semoga saja berkurban karena sesuatu yang ingin ditampilkan namun ingin tampil mulia dihadapan Allah SWT. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Foto : Suasana Sholat Ied di Kampus UHAMKA, Jl. Limau II, Kby Baru, Jakarta Selatan,

Leave a Reply