2016-09-30-16-04-07

 

JAKARTA, – Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, Din Syamsuddin menerima penghargaan dari Kementerian Luar Negeri Jepang atas kontribusinya dalam meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Jepang. Terutama, dalam memberikan pengertian mengenai Islam dan mempromosikan produk makanan halal, di negeri sakura tersebut.

Penghargaan Kementerian Luar Negeri tersebut diserahkan oleh Duta Besar Jepang, Yazuaki Tanizaki, yang mewakili Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida, di kediamannya pada Jum’at, (30/9).

Selama ini, menurut Tanizaki, dalam kunjungannya ke Jepang, Din selalu aktif mengunjungi komunitas Muslim di Jepang sembari mempromosikan Islam yang damai dan memberikan pengertian yang baik antara umat Muslim dan masyarakat Jepang melaui berbagai kegiatan workshop dan seminar. Ia pun menyampaikan pujiannya kepada Din yang menurutnya, berhasil mencerminkan bagaimana masyarakat Indonesia mampu hidup berdampingan walau berada di tengah perbedaan. Segala kontribusi yang telah dilakukan oleh Din, menurut Tanizaki yang membuatnya sangat layak mendapatkan penghargaan tersebut.

“Beliau telah berkontribusi besar untuk meningkatkan saling pengertian antara masyarakat Jepang dan Muslim melalui berbagai seminar, serta lokakarya di sejumlah daerah. ” kata Yasuaki.

Terkait dengan makanan halal, banyaknya wisatawan Indonesia yang mendatangi negara tersebut membuat Jepang ingin menjadi pusat produk halal dunia. Namun, upaya ini bukan hanya untuk kepentingan wisatanya saja. Tanizaki pun menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan komitmen Jepang dan bentuk pengertiannya terhadap Indonesia. Saat ini, selain menjalin kerjasama dengan penyedia sertifikat halal di Malaysia, dalam hal makanan halal Jepang pun turut meminta saran kepada Muhammadiyah.

“Kami menyadari bahwa banyak mereka yang datang dari Indonesia merasa kesulitan untuk mencari penyedia makanan halal. Oleh karena itu, kami berupaya untuk membenahi hal tersebut,” lanjut Tanizaki.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah yang juga aktif di sejumlah forum perdamaian Internasional tersebut pun mengungkapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Jepang tersebut. Jepang sendiri, menurut Din, memiliki peranan penting untuk menciptakan keamanan regional dan internasional bersama Indonesia.

“Saya sangat berterima kasih diberikan penghargaan ini. Saya juga masih merasa belom berkontribusi secara penuh, tapi apa yang telah saya lakukan semoga selalu berguna,” ucap Din (Th).

Sumber : Suara Muhammadiyah

Leave a Reply