Breaking News

Tapak Suci UHAMKA Raih Medali Pada Ajang 8th Singapore Open

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) mengikuti ajang 8th Singapore Open Pencak Silat Championship 2019. Riska Puji Rahayu berhasil meraih medali perunggu pada ajang tersebut. Perlombaan tersebut berlangsung pada tanggal 25 hingga 27 Oktober 2019 di Activies Paris RIS Sport Centre, Singapura.

Riska merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA mendapatkan peringkat 3 untuk Kelas Putri Dewasa. Kejuaran Internasional Pencak Silat ini diikuti oleh 9 Negara diantaranya Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, China, Indonesia, Singapura, India dan Uzbekistan dengan total 400 orang peserta.

Riska Puji Rahayu mengaku bahwa mental, fisik, serta pernapasan masih menjadi tantangan tersendiri di kompetisi itu. Sehingga meski persiapan telah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu, prestasi yang diraih belum bisa optimal sesuai harapan. “Lawannya atlet Puslatda (Pemusatan Pelatihan Daerah) dan Pelatnas (Pemusatan Latihan Nasional, tentu mereka bagus-bagus,” ungkapnya.


Riska Puji Rahayu peraih medali perunggu pada ajang 8th Singapore Open Pencak Silat Championship 2019

Sementara itu Gilang Kumari Putra ketua Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (P3KA) UHAMKA sekaligus pendamping sangat bangga atas perolehan prestasi yang dicapai oleh Riska “tidak mudah bagi Riska untuk bisa meraih juara 3 (perunggu) dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan setiap tahunnya ini, persiapan Riska sudah sangat optimal dimulai dengan latihan rutin, diet ketat dan menjaga agar emosinya tetap sabil” tuturnya.

Meskipun demikian, kompetisi itu menjadi pengalaman tersendiri bagi UKM Tapak Suci UHAMKA untuk dapat terus berjuang dan berprestasi. ”Harapan kami, semoga nantinya lebih banyak lagi prestasi dan bisa mengikuti kejuaraan internasional lebih sering. Semoga UKM Tapak Suci semakin jaya,” harap Riska. UKM Tapak Suci UHAMKA merupakan salah satu UKM berprestasi di UHAMKA, sebelum mengikuti Kejuaraan Internasional di Singapura. Pada tahun ini, tercatat meraih juara umum ke-III dengan perolehan 5 Emas, 12 Perak dan 4 Perunggu dalam kejuaran Nasional Pencak Silat “Yogyakarta Championship 5th 2019” di Sportarium UMY, Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*