Diskusi Virtual Manajemen Keuangan Keluarga Islami Saat Pandemi ...
Sebagai bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi, Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi Bogor mengadakan Diskusi Virtual. Adapun temanya adalah Manajemen Keuangan Keluarga Islami Saat Pandemi Covid-19, Ahad 26/4/2020.

Narasumber dalam diskusi tersebut Faozan Amar dan Tupi Setyowati, selaku Dosen FEB UHAMKA. Acara dibuka dengan Pengantar Diskusi oleh Ketua PCM, Nasihin MEI. “Tema diskusi ini sangat tepat, karena wabah corona ini memberikan dampak ekonomi yang berat bagi keluarga, sehingga perlu manajemen yang baik”, ujar Nasihin.

Menurut Faozan, Keluarga merupakan salah satu unsur penting dalam Islam. Sebab masyarakat dan negara terbentuk oleh sekelompok keluarga. Jika keluara sehat dan kuat maka suatu negara akan sehat dan kuat pula. “Karena, itu manajemen keuangan keluarga juga harus bagus, sehingga siap dalam kondisi apapun”, ujarnya menambahkan.

Sedangkan Tupi Setyowati mengatakan, hal penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan anggaran keuangan keluarga adalah memiliki impian yang akan dicapai, melakukan generalisasi kebutuhan untuk pencapaian mimpi tersebut, memprioritaskan anggaran bersifat wajib, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, menyesuaikan gaya hidup dengan besarnya penghasilan, membuat anggaran berdasarkan data bulan kemarin. “Sehingga ketika terjadi krisis seperti sekarang, tinggal menyesuaikan saja”, kata Tupi.

“Acara ini sangat bagus, pas dengan masalah yang saya hadapi. Apalagi saya dapat tips kiat mengelola keuangan saat krisis seperti ini. Makasih Uhamka”, ujar Endang salah seorang peserta dari ‘Aisyiyah.

Acara berlangsung menarik dengan diskusi interaktif dan dipandu oleh Emaridial Ulza. (FA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − fourteen =