Breaking News

Keutamaan Di Balik Bacaan Basmallah Yang Sering Terlupakan

Bismillahirrahmanirrahim, dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Civitas Akademika, sudah “bismillah” belum dalam mengawali aktivitas hari ini? Lafaz basmallah ini meskipun pendek tetapi memiliki makna yang sangat dalam. Lafaz Basmallah mampu menjadi benteng dari setan yang memiliki misi untuk memperdayai manusia.

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Walid Abu Malih, ayahnya yang pernah dibonceng Rasulullah menceritakan;

Ketika aku dibonceng Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, “Celakalah syetan.” Maka beliau bersabda, “Jangan kamu katakan, ‘celakalah syetan,’ sebab jika kamu katakan seperti itu maka syetan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya syetan akan berkata; ‘itu terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah ‘Bismillah’ sebab jika engkau mengucapkan basmalah syetan akan mengecil hingga seukuran lalat.” (HR. Abu Dawud)

Yuk simak, Podcast UHAMKA #Episode16 yang berjudul “Keutamaan Di Balik Bacaan Basmallah Yang Sering Terlupakan” oleh Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA), Prof. Dr. H. Ade Hikmat, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*