asni

Evaluasi progam bimbingan dan konseling menjadi bagian penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam upaya peningkatan sistem manajemen bimbingan dan konseling di sekolah. Kesadaran akan pentingnya pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling merupakan faktor yang mendorong untuk meningkatkan kepercayaan stakeholder sekolah dalam memberikan hasil pertanggung jawaban pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang sudah dikerjakan oleh guru bimbingan dan konseling disekolah.

Pandemi covid-19 yang mewabah akhir-akhir ini telah mengubah sistem layanan bimbingan dan konseling,  biasanya dilaksanakan dalam sistem tatap muka sekarang beralih menjadi sistem jarak jauh.

Kondisi PSBB yang diterapkan pemerintah membuat tim Pengmas Prodi BK FKIP UHAMKA tidak bisa melakukan kegiatan ini secara tatap muka langsung, tetapi dengan bantuan teknologi komunikasi yaitu dengan berdiskusi dan pemberian materi modul serta video-video pembelajaran interaktif melalui Group Whatsapp.Oleh karena itu Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Menyelenggarakan Pelatihan Kompetensi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling ( BK ) Secara Online pada hari rabu, 22 April yang lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Program Studi BK yang memiliki keahlian di bidang Evaluasi Program BK serta dibantu oleh satu orang mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru BK yang berasal dari berbagai wilayah DKI Jakarta. Para guru terlihat antusias dengan kegiatan ini meski pelaksanaan kegiatan dilakukan pada masa merebaknya virus corona. Pengabdian Masyarakat kali ini mengambil tema Peningkatan kompetensi evaluasi program BK bagi guru-guru BK di DKI Jakarta.

Peningkatan keterampilan evaluasi program BK bagi guru-guru BK di DKI Jakarta ini diharapkan dapat mendorong kesadaran akan pentingnya evaluasi program bimbingan dan konseling, serta dapat membantu guru bimbingan dan konseling dalam menemukan cara yang efektif untuk melaksanakan evaluasi program BK sehingga guru bimbingan dan konseling tidak terbebani akan tugas evaluasi program bimbingan dan konseling.

Kegiatan pendampingan pelatihan yang telah dilaksanakan ini sebagai salah satu wujud kepedulian LPPM UHAMKA kepada masyarakat. Serta Prodi BK UHAMKA terhadap guru-guru bimbingan dan konseling yang turut melaksanakan kegiatan pendampingan ini.

Penulis: Dra. Asni, M.Pd. Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA

Editor : Akhlanudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *