cijantung

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) melakukan upaya percepatan penanggulangan wabah Pandemi Covid-19 dengan kegiatan kemitraan berbasis masyarakat. Program tersebut menginspirasi, memotivasi dan menstimulasi pihak luas dalam penanggulangan bencana.  Perhatian UHAMKA kepada kaum Dhuafa dan kelompok terdampak Covid-19 menjadi wujud nyata terbentuknya Gugus Tugas Covid-19 RT 014/01 Cijantung melakukan koordinasi,  komunikasi, serta aktualisasi  aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, sosial dan kesehatan.

Upaya dan aksi nyata kemanusiaan Penanggulangan Covid-19 perlu digalakkan dan memerlukan kontribusi dari berbagai pihak untuk masyarakat atau kelompok yang terdampak. Peranserta masyarakat yang dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 RT 014/01 Kelurahan Cijantung Jakarta Timur  selama masa PSBB hingga saat ini terus berjalan dengan membetuk gugus Tugas Covid-19 yang menjalankan berbagai aktivitas kesehatan, sosial dan kemanusiaan bagi masyarakat serta kelompok-kelompok terdampak. Hal ini sangat dirasakan oleh masyarakat terkait pentingnya peran Gugus Tugas Covid-19  dalam mengedukasi mengenai protokoler kesehatan.

Kegiatan yang diprogramkan  UHAMKA disambut baik oleh Ketua Lingkungan (Ketua Rukun Tetangga) 014/01, beliau mengucapkan terima kasih atas kepedulian UHAMKA kepada warga RT 014/01 Cijantung menanggulangi masalah kelompok terdampak Pandemi Covid-19 juga meringankan beban lingkungan kami dalam pananganan masalah yang dihadapi akibat dampak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kemudian beliau menambahkan bahwa kegiatan ini menyemangati pengurus lingkungan bersama Gugus Tugas mengetuk pintu hati kemanusiaan bagi kelompok yang tidak terdampak untuk saling  peduli.

Selain itu, rasa  kebersamaan dan kemanusiaan yang dibangun oleh Gugus Tugas Covid-19 adalah melakukan pengumpulkan dana, mencari donatur kepada masyarakat yang tidak terdampak, dana tersebut digunakan, sosialisasi dan informasi wabah Covid-19, edukasi cuci tangan pakai sabun, penyemprotan disinfektan, perlombaan mengaji online, pengajian online dengan tema ibadah pada situasi Pandemi Covid-19, membeli dan mendistribusikan bahan pangan, membuka dapur umum berupa makanan utama berbuka puasa dengan nilai zat gizi (Energi;1030 Kkal, Protein; 44.3 gram, Lemak; 55.6 gram, Karbohidrat; 93.63 gram) bagi kelompok terdampak.

 

Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan  masyarakat luas terinspirasi dan tersadarkan mengenai kepedulian sesama dalam situasi kebencanaan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 RT 014/01 Cijantung pada situasi Pandemi Covid-19. Upaya – upaya tersebut merupakan ikhtiar kolektif dan Jihad Kebencanaan yang terispirasi oleh program kemitraan berbasis masyarakat yang diprogramkan oleh  Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

PENULIS :

MOHAMMAD FURQAN, SKM., MKM.

KETUA GUGUS TUGAS COVID-19 RT 014/01, Cijantung

HP          : O81210235430

Email     : mohammadfrqn@yahoo.ca/frqnida@gmail.com

Alamat : Jalan Melati IV, RT 014/01. Cijantung. Pasar Rebo. Jakarta Timur. 13770

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *