UHAMKA memiliki Fakultas Kedokteran (FK) yang menyediakan sistem pembelajaran terbaik dan dengan didukung fasilitas yang canggih dan modern. Sejak mulai dirancang pada tahun 2013 hingga mulai menerima mahasiswa baru di tahun 2018, FK UHAMKA terus mengembangkan pendidikan kedokteran kepada mahasiswanya.

Tidak hanya fokus untuk menciptakan lulusan tenaga kedokteran terbaik secara intelektualitas, FK UHAMKA juga menekankan agar lulusannya memiliki rasa sosial dan emosional yang baik, serta memiliki akhlakul karimah melalui kurikulum yang terintegrasi dengan Al Islam Kemuhamadiyahan. Ini sesuai dengan visi mereka “Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter utama yang menghasilkan lulusan dokter unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial, serta sesuai kebutuhan layanan primer dan kesehatan kerja”.

FK UHAMKA memiliki program studi sebagai berikut :

1. Program Studi Pendidikan Dokter
Fakultas Kedokteran UHAMKA melengkapi fasilitasnya dengan berbagai laboratorium mulai dari skill laboratorium sampai laboratorium spesialisasi tertentu. Labortorium ini menjadi tempat pembelajaran mahasiswa yang lebih efektif dan menyenangkan. Setiap laboratorium dilengkapi alat-alat kedokteran dan alat-alat peraga yang lengkap, sehingga mahasiswa dapat belajar secara komprehensif.

Selain ditekankan untuk dapat menjadi mahasiswa yang professional dibidang kedokteran, FK UHAMKA juga menekankan pendidikan karakter kepada mahasiswanya. Pendidikan karakter ini mendorong mahasiswa untuk memiliki kepekaan sosial dan kesadaran akan pentingnya layanan kesehatan yang merata di seluruh Indonesia, khususnya untuk daerah pelosok yang masih sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang layak.

2. Program Profesi Kedokteran
Program Profesi Kedokteran adalah lanjutan dari Progam Strata 1 (S1) Pendidikan Dokter. Program ini mengajarkan mahasiswa tentang Ilmu Kedokteran dengan langsung melayani pasien di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan UHAMKA. Mahasiswa diberi kesempatan pasien secara langsung dan komperhensif dengan pendekatan kedokteran keluarga di klinik dokter keluarga.

Mahasiswa juga dilibatkan dalam program puskesmas, seperti program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit melalui penyuluhan imunisasi. Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melaksanakan program pengobatan melalui pelayanan kesehatan di Balai Pengobatan Pusat Kesehatan Masyarakat serta dilatih untuk dapat mengevaluasi suatu program kesehatan di Puskesmas.

“Mengapa saya memilih UHAMKA? Karena di UHAMKA bukan hanya menyediakan alat-alat yang canggih dan mutakhir di zaman sekarang ini, tapi juga menyediakan banyak dosen-dosen berkompeten di bidangnya, serta sangat professional, UHAMKA juga kurikulumnya terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahan yang nantinya diharapkan lulusannya dapat menjadi dokter yang memiliki akhlakul karimah,” kata Fijar Muhammad, salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran UHAMKA.

Fakultas Kedokteran UHAMKA kerap mengadakan Seminar dan Talk Show yang membahas beberapa isu dibidang kedokteran secara khusus atau dibidang kesehatan secara umum. Seminar yang dilaksanakan menghadirkan tenaga ahli dibidang kedokteran dengan skala nasional hingga internasional. Salah satu seminar yang sukses diselenggarakan adalah seminar internasional bertajuk “Chronic Diseases : From Bench to Bedside” yang menghadirkan Prof. Takashi Yashiro, MD, Ph.D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *