Fakultas Agama Islam (FAI) UHAMKA terus meningkatkan dan mengembangkan mutunya, hal tersebut tercermin dari meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap FAI UHAMKA dan status akreditasi yang dimilikinya. Selain itu kopentensi lulusan FAI UHAMKA juga unggul baik dibidang intelektualitas maupun spiritualitas, yang menjadikan FAI sebagai pilihan utama generasi milenial saat ini.

Kini FAI UHAMKA memiliki 3 Program Studi unggulan yang sudah terakreditasi, artinya sudah diakui kualitasnya baik kualitas sistem pembelajaran juga kualitas sarana dan prasarana yang dimilikinya. Tiga prodi tersebut ialah :

1. Pendidikan Agama Islam (S-1)
Selain mendalami ilmu dibidang keagamaan seperti sejarah peradaban islam, sejarah pendidikan islam, Ulumul Quran, Hadits, Tafsir, Fiqh, dan lain sebagainya namun juga diberikan materi character building, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, serta teori pembelajaran dan desain pembelajaran. Bahkan prodi ini juga mendalami tentang teknologi dan menajemen pendidikan hingga kewirausahaan.

2. Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Pada Prodi ini mengutamakan agar mahasiswa selain dapat berbicara menggunakan Bahasa Indonesia, namun juga setidaknya dapat menggunakan 2 bahasa asing, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Mahasiswa juga kerap melakukan pertukarang pelajar dari berbagai negara.

3. Perbankan Syariah
Perkembangan dibidang perbankan saat ini menuntut lebih banyak sistem perbankan berdasarkan hukum syariat Islam atau disebut Syariah. Prodi ini menelaah sistem simpan pinjam yang menjauhkan dari dosa riba begitu juga investasi dan kewirausahaan. Lulusan prodi ini diharapkan memiliki skill untuk bekerja secara profesional di lembaga bank nasional maupun internasional.

FAI UHAMKA tidak hanya menciptakan lulusan yang memahami lebih dalam tentang agama islam, namun juga menciptakan personal yang ahli dan kompeten di dunia kerja professional. “Fakultas agama islam, pada saat ini memiliki program unggulan kelas kadar ulama dimana kita mendesain sebuah pembelajaran yang dapat diberikan suplemen ilmu-ilmu pendukung keterampilan ulama, yang tidak hanya mampu mengintegrasikan ilmu dalam bidang-bidang keilmuan ansi, tetapi juga mampu mengintegrasikan ilmu dalam pendekatan ilmu kemasyarakatan” kata Dekan Fakultas Agama Islam UHAMKA Fitri Liza.

FAI UHAMKA memiliki visi “Menjadi fakultas yang unggul tingkat nasional dalam membentuk sarjana ilmu agama islam yang berkarakter religius, dengan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial”. Untuk mencapai visi tersebut FAI UHAMKA telah menyusun strategi misi, yakni:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam dan Sarjana Ekonomi Syariah yang unggul dan kompetitif.
2. Melaksanakan penelitian dalam bidang ilmu keagamaan sebagai bentuk tanggungjawab akademik.
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk implementasi pemanfaatan ilmu untuk masyarakat, khususnya pada bidang ilmu agama Islam.
4. Memberikan sumbangan pemikiran kepada persyarikatan Muhammadiyah sebagai bentuk komitmen Kemuhammadiyahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *