Alfatihah merupakan surah pembukaan pada Al-Qur’an, sebagai surah pembuka dalam ayat suci Al-Qur’an tentu sangat menarik untuk dibahas menjadi semakin dalam. Pasalnya Al-Fatihah merupakan keseluruhan dari ayat-ayat Al-Qur’an dan tidak jarang selalu digunakan dalam berbagai lini kehidupan, oleh karena itu dalam kegiatan Kuliah S3 (Sabtu, Selepas, Subuh) ini mempelajari “Al-Fatihah Ala Santri Kiai Dahlan” bersama Dr. Izza Rohman, (5/9) Sebagai ayat yang digunakan dalam bacaan Solat.

Asal makna Al-Fatihah yaitu permulaan sesuatu yang dibuka kemudian digunkan untuk permulaan segala sesuatu, termasuk perkataan. Fungsi ta’ adalah untuk transformasi dari sifat menjadi ism (sebutan), oleh karena itulah surat ini dinamai “Faatihatul Kitab” (pembuka Al-Kitab) karena Al-Kitab (Al-Qur’an) dibuka denganya. Surah ini disebut juga “Ummul Kitab” (Induknya Al-Qur’an). “Dinamakan Ummul Kitab, karena yang pertama kali ditulis di dalam mushaf dan yang pertama kali dibaca dalam Shalat”. Ujar Dr. Izza Rohman.

Surah Al-Fatihah yang memiliki 7 ayat bersama Basmallah, memiliki banyak kandungan di dalamnya. Kandungan Al-Fatihah sebagai intisari Al-Qur’an seperti dalam ayat pertama memiliki sebuah makna dalam meyakini Allah dengan segala sifat dan keutamaanNya.

Dilanjutkan dengan ayat kedua yang memiliki makna bahwa Allah memberikan kasih sayang dan mencipatakan segala sesuatu yang ada di semesta ini. Kemudian dalam ayat keempat sampai dengan ketujuh, menjelaskan bahwasanya segala penciptaan di hari akhir, menyembah kepada Allah, dan meminta pertolongan juga mematuhi segala perintahnya adalah satu hal yang harus diterapkan oleh manusia dalam menjalankan syariatnya.

Dalam hal ini Al-Fatihah meiluti Aqidah, Ibadah, Syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan dan juga permohonan pertolongan melalui do’a. Dalam seluruh kandungan yang ada dalam Surah Al-Qur’an. Maka dengan ini, Al-Fatihah memang merangkum dasar dari isi Al-Qur’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + five =