Kampung Peundeuy, Desa Mampir, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat adalah salah satu perkampungan dengan pengetahuan media pembelajaran orang tua disana sangat minim sekali. Pekerjaan orangtua di Kampung Peundeuy rata-rata adalah petani dan buruh. Pendidikan mereka rata-rata hanya SD dan SMP, sangat sedikit yang mencapai jenjang SMA. Kondisi inilah yang membuat pengetahuan mereka tentang media pembelajaran bagi anak-anaknya sangat kurang. Berdasarkan kondisi tersebut, tim pengabdian masyarakat ibu Egi Nusivera, M.Pd dan ibu Indah Rahmayanti, M.Pd. melakukan pelatihan media pembelajaran bagi orangtua.

Kebanyakan orang tua di Kampung Peundeuy belum dapat menciptakan media pembelajaran sendiri walau dengan biaya yang rendah. Orang tua di Kampung Peundeuy banyak yang belum memahami fungsi media pembelajaran yang dapat diciptakan sendiri sebagai alternatif agar anak merasa senang dan tidak bosan ketika belajar di rumah semasa pendemi ini, Selain itu, anak-anak mereka banyak dipengaruhi dengan program televisi yang tidak mendidik sehingga membuat perilaku dalam berbahasa cenderung tidak baik.

Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat membuat program pelatihan media pembelajaran bagi anak kelas rendah sebagai cara pendampingan anak belajar di rumah pada masa pandemik covid 19.

Pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Anak Kelas Rendah Sebagai Cara Pendampingan Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kampung Peundeuy, Desa Mampirm Cileungsim Bogor, Jawa Barat. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang tua seKampung Peundey melalui metode ceramah dan demonstrasi untuk menyampaikan materi media pembelajaran bahasa. Runtutan kegiatan yang kami lakukan adalah pertama kami mendata orang tua anak-anak kelas rendah di kampung Peundeuy, lalu mengumpulkan orang tua untuk mendengarkan arahan dan materi, meliputi pengenalan macam-macam media pembelajaran, pemahaman materi media pembelajaran, melihat karakteristik media dari segi sosial dan budaya asal mereka, melihat media dari segi keagamaan dan kebermanfaatannya, pengenalan dan demontrasi media pembelajaran yang dapat dibuat sendiri, aplikasi media pembelajaran yang dibuat anak-anak, pengajaran cara mengajarkan media pembelajaran Bahasa Indonesia di rumah, tanya jawab dan diskusi.

Pelatihan ini dilakukan dalam dua tahapan, yang pertama pada 27 Juli 2020 dan yang kedua pada tanggal 01 September 2020 di salah satu rumah warga Kampung Peundeuy, ditengah masa pandemic covid 19. Pelatihan ini memberikan banyak kebermanfaatan bagi orangtua seputar pemahaman media pembelajaran. Pelatihan ini juga memberikan sembako bagi orangtua untuk membantu kebutuhan keluarga. Pelatihan ini menjadi sangat berguna demi pembelajaran anak-anak dirumah di tengah Masa pemberlakuan belajar dirumah saat ini. Pelatihan ini  juga membantu orang tua untuk menemukan media yang tepat bagi anak-anak kelas rendah dalam proses pembelajaran.

Pengirim : Egi Nusivera, M.Pd dan Indah Rahmayanti, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =