UHAMKA Berikan Pelatihan dalam Penggunaan Aplikasi Quizziz dan Wordwall kepada Guru SDIT Al-Kahfi

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak perubahan dalam dunia Pendidikan, yang menuntut siswa dan guru untuk mampu beradapatasi dengan cepat dengan pola pembelajaran yang baru.

Pembelajaran yang semula dilakukan melalui tatap muka sekarang berganti menjadi Belajar dari Rumah (BDR). Ada banyak tantangan yang dihadapi oleh guru terutama dalam menarik minat siswa untuk belajar secara daring. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk membuat pembelajaran lebih menarik adalah dengan menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran online seperti Quizzizz dan Wordwall.

Quizziz merupakan sebuah aplikasi untuk membuat permainan kuis interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas online sedangkan Wordwall adalah aplikasi untuk membuat berbagai kegiatan yang dapat menjadi sumber belajar, media dan alat penilaian yang menyenangkan bagi siswa. 

Pada hari Jumat, 23 Juni 2020 lalu tim pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA melakukan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Quizziz dan Wordwall dalam pembelajaran bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. Tim ini terdiri dari dosen Program Studi PGSD dan  Pendidikan Biologi yang memiliki keahlian dalam penggunaan aplikasi pembelajaran online. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan platform zoom dan diikuti oleh 25 orang guru SDIT Al-Kahfi. Para guru terlihat antusias dengan kegiatan ini meski dilakukan secara virtual.

Prima Mutia Sari selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan “pada mulanya kegiatan ini direncanakan untuk dilakukan secara luring atau offline, namun memngingat situasi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda dan mengikuti aturan PSBB yang diperketat di DKI Jakarta, maka akhirnya kegiatan dilakukan secara daring,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi mulai dari dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB, sesi pertama diawali dengan penjelasan materi tentang aplikasi Quizziz yang dipaparkan oleh narasumber Husnin Nahry Yarza kemudian dilanjutkan dengan praktek penggunaan aplikasi Quizziz oleh peserta serta tanya jawab mengenai aplikasi Quizziz. Beberapa orang peserta mengaku sudah pernah menggunakan aplikasi ini, akan tetapi banyak yang sudah lupa cara untuk menggunakannya kembali. 

Sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang aplikasi Wordwall oleh narasumber Prima Mutia Sari. Ia memberikan contoh kegiatan dengan aplikasi tersebut, kemudian menjelaskan bagaimana cara membuat kegiatan tersebut dengan aplikasi Wordwall. Salah satu kelebihan aplikasi Wordwall dibanding aplikasi lainnya adalah ada banyak template menarik yang dapat dipilih oleh guru seperti teka-teki silang, menemukan pasangan, roda berputar dan sebagainya. Kemudian keuntungan lainnya adalah kegiatan yang sudah dirancang dapat juga dicetak dalam bentuk lembar kerja yang dapat diberikan kepada siswa yang kesulitan dalam menggunakan aplikasi secara online karena keterbatasan sinyal atau kuota.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat dan menarik serta dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran daring”ujar salah seorang peserta.

Secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan baik dan mendapat respon yang postif dari para peserta, mereka berharap ke depannya, ada kegiatan pelatihan tentang penggunaan aplikasi lainnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi ini.

Leave a Reply