FKIP UHAMKA adakakan Pelatihan kerjasama dengan SMA Ibnu Hajar Boarding School

Program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA mengadakan kegiatan pelatihan dengan tema “Mengoptimalkan Aktivitas Otak Kiri dan Otak Kanan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar”.. Kegiatan pelatihan yang terselenggara merupakan kegiatan kolaborasi dengan  SMA Ibnu Hajar Boarding School. Pelatihan ini diselenggarakan  pada Kamis, 12 November 2020 yang lalu melalui video conference dengan zoom meeting.  

“Kegiatan pelatihan membahas tentang tips dan trik bagaimana cara mengoptimalkan fungsi maupun aktivitas otak kiri dan otak kanan agar motivasi dan prestasi belajat dapat meningkat” ungkap 

Fakhriy Mubarok  sebagai pembicara utama menyampaikan tentang bagimana cara untuk memaksimalkan fungsi otak kanan dan otak kiri. 

“Materi lain yang disampaikan yaitu tentang bagimana meningkatkan motivasi belajar matematika di masa pandemic COVID-19” tutur Hikmatul Khusna, M.Pd, sebagai narasumber.

Kegiatan yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh siswa SMA Ibnu Hajar Boarding School yang kelas XII.

“Kegiatan pelatihan ini perlu diberikan karena terlihat ada penurunan motivasi dan prestasi belajar siswa di masa pandemi” menurut Syarif Faisal, M.Pd. wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA Ibnu Hajar Boarding School.

Kegiatan pelatihan optimalisasi otak kiri dan otak kanan ini diawali dengan penyampaian tantang apa yang bisa dimaksimalkan melalui fungsi otak kanan. Diantaranya adalah, belajar aktivitas otak kanan dengan asyik dan menyenangkan, bagaimana mengasah otak kanan sejak dini, dan bagaimana menggali potensi diri melalui otak kanan. Fakhriy Mubarak menyampaikan bahwa otak kanan cenderung menyimpan memori jangka panjang, sedangkan otak kiri cenderung menyimpan memori dalam jangka pendek. 

“Melalui kegiatan ini dilatih juga cara mengoptimalisasi otak kanan dan otak kiri bisa dengan menghafal dan melakukan gerakan tangan. Peserta kegiatan dan narasumber secara bersama-sama mempraktekkan gerakan tangan menggunakan jari” jelas Asih Miatun, M.Pd. sebagai narasumber.

Selain itu dilakukan juga beberapa praktik menghapal yang dilakukan yaitu menghapal urutan warna, benda dan urutan angka. Peserta kegiatan juga diminta untuk mempraktekkan secara langsung menghapal urutan benda yang disampaikan narasumber dalam jangka waktu tertentu. Latihan menghapal maupun gerakan tangan ini membantu dalam kecepatan proses informasi otak. Beberapa metode  menghapal yang dapat dilakukan adalah dengan metode singkatan, metode hubungan,  metode asosiasi dan metode bercerita. 

“Kami juga menyampaikan bagimana cara melihat apakah individu cenderung menggunakan otak kiri atau otak kanan” ujar Fakhriy, sebagai narasumber utama.

Dalam kegiatan pelatihan ini peserta kegiatan sangat antusias untuk mempraktekkan apa yang sudah disampaikan oleh narasumber, baik tentang hapalan maupun gerakan tangan yang seperti sudah disampaikan dapat mengoptimalisasikan otak kanan dan otak kiri. 

Selanjutnya dua narasumber lain, Hikmatul Khusna dan Asih Miatun menyampaikan tentang bagaimana mengasah motivasi belajar matematika dan mengatur jadwal belajar di masa pandemic COVID-19. Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa erat sekali kaitan antara motivasi belajar dan prestasi belajar. 

“Pada masa pandemic ini banyak sekali siswa yang mengalami kesulitan belajar khususnya belajar matematika karena pembelajaran tanpa tatap muka. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi sekolah tentang bagaimana mendorong siswa agar motivasi belajarnya menjadi lebih baik” jelas Hikmatul Khusna, M.Pd. yang merupakan Dosen FKIP UHAMKA.

Asih Miatun, M.Pd. yang juga seorang Dosen di FKIP UHAMKA menegaskan bahwa “Pada dasarnya prestasi  atau yang dimiliki oleh siswa sumber utamanya bukan dari guru tetapi dari siswa itu sendiri. Keinginan belajar yang kuat merupakan salah satu alasan mengapa siswa memiliki prestasi belajar yang tinggi.”

Kegiatan pelatihan optimalisasi otak kanan dan otak kiri sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih fokus dalam belajar terutama dimasa pandemi COVID-19 ini. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi sekolah untuk menerapkan cara-cara optimalisasi otak kanan maupun otak kiri melalui menghapal maupun gerakan ketika motivasi maupun prestasi belajar siswa mulai menurun. 

“Kegiatan pelatihan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat dari akademisi pendidikan tinggi kepada lingkungan masyarakat, salah satunya adalah sekolah” ungkap Hikmatul Husna, M.Pd., sebagai ketua pelaksana.

“Kegiatan ini diharapkan prestasi belajar maupun motivasi belajar siswa disekolah pada masa pandemi tidak menurun dan dapat terus ditingkatkan” tambah Asih Miatun, M.Pd., selaku tim pelaksana.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh FKIP khususnya jurusan Pendidikan Matematika serta LPPM UHAMKA.

“Pihak sekolah berharap dimasa mendatang dapat dilakukan kembali kerjasama dalam bidang akademik antara UHAMKA dengan SMA Ibnu Hajar Boarding School” ungkap Faisal Syarif, M.Pd., mewakili pihak sekolah.

“Kegiatan pelatihan optimalisasi otak kanan dan otak kiri ini memberikan manfaat cara bagi siswa baik untuk prestasi maupun motivasi belajar” tutup Hikmatul Khusna, M.Pd. di akhir kegiatan.

Leave a Reply