SPs UHAMKA Adakan Pelatihan Penyusunan Bank Soal secara Virtual
Tim PKM SPs. UHAMKA yang terdiri dari dari Ir. Hari Setiadi, M.A., Ed.D. dan Dr. Imam Safi’i, M.Pd. dan salah satu alumni Prodi PEP, yaitu Manar, M.Pd. mengadakan pelatihan Pengembangan Bank Soal Tes Prestasi Belajar (TPB) kepada Guru-Guru SD Muhammadiyah Limau Jakarta. Pelatihan tersebut adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi profesional.
Mengawali kegiatan tersebut, para guru diberikan beberapa soal prates yang berkaitan dengan konsep evaluasi serta pengembangan bank soal tes prestasi belajar. Hasil prates menunjukkan, bahwa rata-rata belum menunjukkan hasil yang maksimal.
Bertolak dari hal tersebut kemudian, Ir. Hari Setiadi, M.A., Ed.D. pada awal pelatihan menyampaikan, bahwa kompetensi guru dalam mengembangkan bank soal tes prestasi belajar perlu ditingkatkan.
“Hal tersebut sebagai salah satu bentuk komitmen dari upaya meningkatan kompetensi profesional guru. Oleh karena itu, para guru harus dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan dengan baik” Ujar Setiadi.
Pada tahap selanjutnya, Dr. Imam Safi’i, M.Pd. memaparkan berbagai hal yang berkaitan dengan prinsip-prinsip serta kaidah penyusunan instrumen evaluasi yang baik. Safi’i mengatakan, bahwa instrumen evaaluasi yang dikembangkan oleh para guru harus memenuhi berbagai kriteria pengukuran keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Di antaranya adalah berpikir kritis, kreatif, dan soal-soal berupa pemecahan masalah. Safi’i juga menegaskan,
“Pemberian instrumen evaluasi yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi juga relevan dengan pengembangan nilai-nilai kecakapan abad 21 yang menjadi titik tekan dari kemendikbud.
Usai pelatihan para guru kemudian diminta untuk mengerjakan soal sebagai tes akhir.
Para guru yang semula belum dapat menjawab dengan benar tentang berbagai prinsip evaluasi serta berbagai kaidah pengembangan bank soal tes prestasi belajar kini telah mampu menjawab dengan benar. Dalam kegiatan pelatihan tersebut para guru juga diajarkan cara menganalisis butir soal dengan menggunakan program ITEMEN.
Melalui program tersebut guru dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi mengenai hasil belajar siswa serta tingkat kesulitan dari tiap-tiap butir soal yang digunakan sebagai salah satu instrumen evaluasi.