Kegiatan KKN Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA Berkolaborasi dengan Karang Taruna RW 06 di daerah Puri Teluk Jambe, Karawang

Untuk memenuhi kewajiban sebagai mahasiswa calon guru pendidikan matematika, dengan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kewajiban tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditunjukkan di pasal 20 ayat 2 yang berbunyi Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Oleh karena itu, mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang bertujuan untuk berinteraksi sosial dan mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

Biasanya KKN dilakukan di daerah seperti Cianjur, Garut, Kuningan, dan lainnya. Tetapi karena sekarang kondisi pandemi COVID-19 , maka KKN tahun 2021 ini dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa.

Kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika UHAMKA dilaksanakan selama 15 hari. KKN dimulai dari tanggal 17 Februari sampai 3 Maret 2021. Kegiatan KKN dalam Pendidikan Matematika terdiri dari 14 kelompok besar.

Dalam 1 kelompok besar terdapat  9 sampai 10 anggota  mahasiswa, dimana dalam 1 kelompok besar tersebut terbagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil ataupun individu. 

Sebanyak 10 anggota yang tergabung didalam kelompok 8 KKN terbagi menjadi 3 kelompok kecil, salah satunya adalah kelompok kecil kami yang terdiri dari 4 mahasiswa pendidikan matematika FKIP UHAMKA, yaitu Zahrani Dhea Safitri, Rizcha Ayu Wulandari, Nabila Ramadhani Maryanto, dan Sarah Annisa dengan didamping oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd . KKN ini, mengusung tema “LEARNING IS FUN” bertujuan agar kegiatan ini dilaksanakan dengan gembira.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pendampingan kreativitas anak, pendampingan mengajar, pendampingan ibadah, analisis kebutuhan belajar, kolaborasi kegiatan dengan karang taruna dan ibu-ibu PKK, penyuluhan tentang adaptasi kebiasaan baru pada pandemi COVID-19 dan liteasi numerasi.

DPL kami yaitu Bapak Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd mengungkapkan bahwa “Kegiatan KKN mahasiswa ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat di bidang pendidikan.

Masyarakat perlu pendampingan untuk memajukan kualitas pendidikan, terlebih di masa pandemi saat ini. Ke depan, diharapkan jiwa mengabdi mahasiswa ini dapat terus terjaga dan mewarnai peran nyatanya di tengah masyarakat dalam rangka memajukan pendidikan bangsa dan berdakwah amar ma’ruf nahi munkar”.

“Tujuan kami melaksanakan kegiatan KKN di Puri Teluk Jambe, Karawang salah satunya karena di daerah tersebut anak-anaknya cukup banyak dan  Karang Taruna nya aktif. Oleh karena itu, kami melakukan kegiatan KKN yang berkolaborasi dengan Karang Taruna RW 06. Selain berkolaborasi dengan Karang Taruna, kami juga berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK di daerah tersebut.” ujar Nabila, salah satu anggota kelompok 8.

Kegiatan Pendampingan mengajar dibagi menjadi 3 kelompok dari jenjang TK sampai jenjang SD kelas 5. Kegiatan yang dilakukan pada jenjang TK yaitu membaca dan menulis, kegiatan yang dilakukan pada jenjang SD yaitu berhitung cepat, membaca, menulis, dan lain sebagainya. Kegiatan yang diadakan bukan hanya pendampingan belajar tetapi juga kegiatan kreativitas anak serta literasi dan numerasi.

Untuk meningkatkan kreativitas anak terdapat beragam kegiatan diantaranya, mewarnai, membuat bentuk dari kertas origami, membuat pengait masker (strap mask), dan membuat masker tie dye. Selain itu, terdapat kegiatan literasi dan numerasi yaitu bermain ular tangga matematika dan menonton film edukasi.

Dalam KKN ini, terdapat kegiatan bersama dengan karang taruna RW 06. Kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan sosial (santunan) kepada Panti Asuhan, dan Literasi numerasi bermain games Kahoot dengan soal berupa pengetahuan umum, agama, dan matematika dasar. Selain kegiatan bersama karang taruna, adapula kegiatan bersama ibu-ibu PKK seperti Posyandu.

Yogi Firman Alfiansah selaku wakil ketua Karang Taruna RW 06, mengungkapkan bahwa “Sebelumnya saya ingin banyak-banyak terimakasih kepada teman-teman mahasiswa dari kampus Uhamka yang telah mengadakan kegiatan KKN di lingkungan RW 06, semoga kegiatan tersebut membawa dampak positif kepada teman-teman yang ada dilingkungan RW 06. Sekali lagi terimakasih banyak”.

Diharapkan dengan adanya KKN Tematik 2021 yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA dapat meningkatkan pemahaman  dan pengalaman untuk peserta yang mengikuti kegiatan serta menambah kesan untuk masyarakat setempat. Dan sebagai pengalaman berharga untuk Mahasiswa.

Leave a Reply