PKL PGSD FKIP UHAMKA Menebar Manfaat Bagi Ummat Ditengah Perjuangan Melawan Pandemi Covid-19

Dewasa ini kehidupan masyarakat banyak mengalami perubahan akibat mewabahnya Pandemi Covid-19. Hal ini juga terjadi dalam bidang pendidikan yang menuntut adanya inovasi dan adaptasi dalam pelaksanaan berbagai kegiatan seperti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL merupakan salah satu kegiatan untuk mendapatkan pengalaman sebelum memasuki dunia yang sesungguhnya. 

Pada tanggal 1 Maret 2021 sampai dengan 20 Maret 2021, sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang tergabung dalam kelompok 19 mengadakan kegiatan PKL yang berbeda dari tahun sebelumnya karena dilaksanakan ditengah pandemi covid yang mengancam dunia. Dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa mengambil antisipasi penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah 

Kegiatan PKL ini mengusung tema Menebar Manfaat Bagi Ummat Ditengah Perjuangan Melawan Pandemi Covid-19. Kegiatan ini tidak terlepas dari arahan Dosen Pembimbing yang hebat Prima Mutia Sari, M.Pd dengan membimbing 10 mahasiswa yang terdiri dari Ibnu Fathoni selaku ketua kelompok serta anggota kelompok yang terdiri atas Yulianus Fredy Daso Paju, Agnes Tika Lestari, Feby Aprianti, Tatia Ifa Hifjiah, Shintia Puspita Widyasari, Zahrotu Chaerunisa, Miftahul Jannah, Prisma Gandasari, dan Galuh Maheswari. 

Lokasi yang dipilih oleh kelompok 19 dalam kegiatan PKL yaitu di Jalan Papanggo 1B RT 005/RW 001, Kel.  ​​​Papanggo, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara. Pemilihan lokasi tersebut karena masih terlihat banyak warga yang tidak mematuhi protocol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan berkerumunan. 

“Bentuk kegiatan PKL dari kelompok 19 mengusung bidang kemasyarakatan. Pelaksanan kegiatan PKL ini diawali dengan survey lapangan bahwa belum terdapat handsanitizer di daerah tersebut dan tidak ada himbauan dalam bentuk Banner untuk pencegahan Covid-19,” ujar Ibnu. 

Pada mulanya, mahasiswa menyiapkan beberapa kebutuhan untuk pencegahan penularan Covd-19 seperti handsanitizer 5 liter sebanyak 2 buah, handsanitizer 500ml sebanyak 10 buah, tempat gantung handsanitizer sebanyak 10 buah, masker 1 box dan banner 1 lembar. Kemudian, pada tanggal 20 Maret 2021 semua anggota dari kelompok 19 turut terjun ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan dengan melakukan pemasangan Banner, Pembagian Masker dan Handsanitizer. 

Pemilihan pemasangan Banner dilakukan di jalan Papanggo 1B RT 005/RW 001, Kel.  ​​​Papanggo, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara. Atas dasar saran dari warga sekitar. Pemasangan Banner ini bertujuan agar masyarakat dapat mengingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Kemudian mahasiswa membagikan 1 box masker dan 10 Liter Handsanitizer di Masjid Baiturrahman. Di Mushola Nurul Ilmi, mahasiswa membagikan handsanitizer 500ml sebanyak dua buah. Selain tempat-tempat tersebut, mahasiswa juga membagikan handsanitizer kepada warga sekitar serta memasangnya ditempat-tempat umum seperti di depan-depan gang, serta di tempat makan. Dengan begitu pembagian masker dan handsanitizer ini bertujuan agar dapat membantu masyarakat dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan kegiatan ini diharapkan, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19 serta membentuk mahasiswa untuk memiliki jiwa keperdulian terhadap sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − five =