Universitas Muhammadiyah Jakarta Memiliki Rektor Baru

Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Nomor 1230/KEP/I.0/D2021 resmi Menetapkan Mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr. Ma’mun Murod, M.Si Sebagai Rektor  Universitas Muhammadiyah Jakarta Periode 2021-2025.

 Prosesi Pelantikan  akan dilaksanakan pada Selasa 25 Mei 2021 pukul  10.00 WIB di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMJ Cireundeu Tangerang Selatan Provinsi Banten. Pelantikan akan dilakukan oleh  Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Anwar Abbas, MM., M.Ag Dengan penerapan protokol kesehatan.

Pelantikan rektor baru UMJ ini dilaksanakan secara hybrid ; perpaduan daring dan luring. Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H.Haedar Nashir, M.Si, dan Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed , Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) UMJ sekaligus Sekretaris Umum PP Muhammadiyah akan hadir secara daring”

 Dr. Endang Sulastri, M.Si,  Ketua Panitia Pemilihan Rektor UMJ menyatakan bahwa pemilihan rektor  baru UMJ telah berjalan dan dilaksanakan secara lancar dengan dukungan seluruh  anggota senat di lingkungan UMJ. “Memasuki usia UMJ ke-65 tahun Bapak Dr.  Ma’mun Murod, M.Si akan melaksanakan tugasnya sebagai rektor UMJ per tanggal  25 Mei 2021 hingga selesai masa jabatannya di hari yang sama pada lima tahun  kedepan.” Ungkapnya 

“Segenap pimpinan dan civitas akademik UMJ tentu akan memberikan  dukungan penuh agar rektor baru UMJ, membawa kampus tertua di lingkungan  Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini, mewujudkan visi UMJ menjadi Universitas  yang terkemuka, modern, dan Islami di tahun 2025,” Sambung Pj. Rektor  UMJ Sebelum terpilihnya Dr. Ma’mun Murod, M.Si.

Berikut ini Profil Singkat Dr. Ma’mun Murod, M.Si Rektor Baru UMJ yang menjadi dosen tetap di  FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta Sejak tahun 2000 dan Sempat menjadi Dekan  FISIP UMJ pada tahun 2020.  Sebagaimana dalam rilis dengan Narahubung Tria Patrianti dituliskan bahwa: 

“Dr. Ma’mun Murod, M.Si” merupakan kelahiran  Brebes, 13 Juni 1973, Aktivis yang memiliki Istri bernama Hikmah Maemy Pramesti dan tiga orang Anak. 

Ia menempuh pendidikan S1 di  FISIP Universitas Muhammadiyah Malang tahun 1995, kemudian melanjutkan ke jenjang Magister di Program Ilmu Politik  Pascasarjana Universitas Airlangga tahun 1999, kemudian menyelesaikan Program Doktor Ilmu Politik  Universitas Indonesia pada tahun 2016. 

Ma’mun Sudah menekuni dunia organisasi sebagaimana tercatat Sejak duduk di bangku kuliah S1, pernah menjabat sebagai pimpinan organisasi diantaranya, Direktur Lembaga Studi Ekonomi Politik dan  Agama (LSEPA) Surabaya, Ketua Bidang Pengkajian Lab. Sosial dan Politik UNAS,  ditingkat Nasional pernah menduduki Jabatan Wakil Ketua Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama (KAUB) MUI Pusat, Ketua  Departemen Organisasi dan Kewilayahan DPP Dewan Masjid Indonesia (DMI),  Sekretaris Harian Pimpinan Pusat Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu- Ilmu Sosial (HIPIIS). 

Ma, mun Juga sangat produktif  menulis baik di media massa berupa opini, maupun tulisan yang diterbitkan dalam  bentuk buku sebagai hasil penelitian dan buah pemikirannya. Buku yang telah  diterbitkan diantaranya: “Becoming Muhammadiyah: Autobiografi Gerakan Kaum Islam Berkemajuan, Bandung: Mizan, 2016,, Politik Perda Syariat: Dialektika Islam dan Pancasila di Indonesia, Suara Muhammadiyah (2017), Takziah Muhammadiyah untuk KH. A. Hasyim Muzadi, Jakarta: UMJ Press dan ITB Ahmad Dahlan, 2017, Mengenang Sang Guru Politik Profesor Bahtiar Effendy, Jakarta: UMJ Press, 2020, Hidup Itu Berjuang: Kasman Singodimedjo 116 Tahun, Jakarta: UMJ Press-Fraksi PAN MPR Rl-Suara Muhammadiyah, 2020).”

Leave a Reply