Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Uhamka Laksanakan Workshop Media Edukasi Covid-19 di Beji

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19 .Covid-19 merupakan penyakit akibat virus corona jenis baru yang muncul pada akhir 2019 pertama kali di Wuhan. Banyak warga yang belum menerapkan protokol kesehatan dan cenderung mengabaikannya karena pengetahuan yang masih rendah.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Uhamka dengan Dosen pembimbing Hari Naredi dan Ahmad Ruslan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan ini dilaksanakan di Perumahan Beji permai, Rt. 03 Rw 13 Kelurahan tanah baru, kecamatan Beji kota Depok, Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2021 melalui aplikasi Zoom yang melibatkan para remaja yang ada di daerah tersebut.

Program ini sebagai sarana dan pemahaman warga setempat tentang Covid 19. Program tersebut yaitu membuat poster dan infogrfis menggunakan aplikasi canva. Poster dan infograsi tersebut berisi tetang pentingnya memkai masker, pentingnya jaga jarak dan cara cuci tangan yang benar. Kemudian, poster dan inforafis tersebut akan di publikasi di media sosial

“Tujuan mempublikasi infografis dan poster di media sosial tentang Covid-19 agar tidak hanya warga Perumahan beji permai, Rt. 03 Rw 13 Kelurahan tanah baru, kecamatan Beji kota Depok, Jawa Barat saja yang paham mengenai covid 19, namun juga semua masyarakat umumnya yang menjadi pengguna aktif sosial media” tutur Ruslan.

Dalam kegiatan ini, masyarakat juga diberikan edukasi tentang penularan dan cara pencegahan covid-19. Selanjutnya, diberikan pengarahan bagaimana cara membuat infgrafis dan poster di aplikasi canva agar edukasi ini tersebarluaskan melalui media sosial yang dimiliki masyarakat.

Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan masyarakat lebih memahami tentang Covid-19 dan pencegahannya agar kasus Covid 19 di Indonesia tidak meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − nine =