29 Negara Turut Serta menghadiri International Arabic yang diadakan Uhamka dan UMS

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) bekerjasama dengan Kantor urusan Internasional Uhamka dan Universitas Muhammadiya Surabaya mengadakan kegiatan International Arabic Mini Course dengan tema Psycholinguistics, Neurolinguistics and Philology for Arabic literacies.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 29 negara yakni Malaysia, Thailand, Singapura, Arab saudi, Mesir, Pakistan, Somalia, sudan, iriteria, Chad, Aljazair, Maroko,Jordan, Nigeria, Italia, Perancis , Amerika, Indoenesia, dan Negara Arab lain yang tidak disebutkan seluruhnya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari dalam bulan juli yakni tanggal 1, 5, 12, 19, 26 Juli 2021.Kegiatan tersebut dilakukan secara sinkronus dengan platform zoom dan dilakukan secara bauran, dimana untuk para panitia dan pemateri di Kampus uhamka jalan limau 2 kebayoran baru dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat dan terbatas.

Sedangkan peserta mengikuti dengan sangat antusias melalui platform zoom meeting di rumahnya masing-masing.

Hadir dalam Kegiatan tersebut Rektor UHAMKA Prof. Dr .Gunawan Suryoputro, M.Hum, Wakil Rektor III Dr. Lely Qodariah, M.Pd dan Dekan FAI Uhamka Fitriliza, S.Ag MA, Ketua kantor urusan internasional Uhamka Dr. Purnama Saepurohman, M.Msi, dan ketua kantor urusan Internasional Universitas muhammadiyah surabaya Dr. Pramudana ihsan

Kegiatan International Arabic Mini Course ini berfokus pada pengkajian ilmu lingusitik yang berkaitan langsung dengan bagaimana pemerolehan bahasa, bagaimana bahasa itu di proses dalam otak dan bagaimana kita memperoleh bahasa khsusunya bahasa asing. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat berguna bagi pengembangan keilmuan bahasa Arab. ,” kata Ari Khairurrijal Fahmi M.Pd selaku ketua program studi Pendidikan Bahasa Arab, FAI UHAMKA dalam penjelasan program.

Dalam sambutannya Rektor uhamka mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan karena memperluas jaringan kerjasama dan peningkatan keilmuan lingusitik khususnya bahasa arab. Rektor Uhamka menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan harapan agar kegiatan seperti ini bisa terlaksana setiap tahunnya

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Agama Islam memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para peserta yang berasal dari seluruh dunia. Ia berkata bahwa kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang pertukaran informasi antar negara khususnya dalam bahasa arab. Dekan FAI berharap bahwa para peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan memberikan manfaat bagi pengembangan keilmuan bahasa arab.

Kegiatan ini dihadiri oleh pembicara yang pakar dalam bidang neurosains yaitu dr rizki edmi edison phd. Ibu Miatin rachmawati,M.Pd I, bapak Dr Doni wahidul Akbar MHum, Fazlurrahman Alhadi. M.Pd , Mohammad Ikhwanuddin, MHI, dan ibu Fitriliza. MA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 6 =