paykwik paykwik satın al dalamanairporttransfers.net

Dosen S2 Bahasa Indonesia Uhamka turut Berikan Pendampingan terhadap Guru-Guru di DKI Jakarta
Bagi seorang guru sekalipun sudah bergelar Sarjana bahkan Doktor belumlah cukup untuk bisa dikatakan sebagai seorang profesional manakala pelayanan pendidikannya belum dirasakan manfaatnya oleh peserta didik.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu upaya agar pelayanan pendidikan benar-benar dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh peserta didik, sebagai costumer utama jasa guru. Dalam PTK diusahakan perbaikan praktik pembelajaran secara terus-menerus berdasarkan data dan semangat kolaboratif.

M

elihat itu semua, tim PkM Uhamka yang beranggotakan dosen dan diketuai oleh Prof. Dr. Prima Gusti Yanti bersama Dr. Wini Tarmini sekaligus Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia dan dibantu satu orang mahasiswa S2 yakni Raudhatul Jannah mengadakan sebuah pendampingan penulisan proposal PTK bagi guru-guru MGMP Bahasa Indonesia SMP DKI Jakarta dari 29 Januari 2021 hingga 27 Februarii 2021.

Dalam kegiatan ini, tim PkM memberikan pendampingan melalui tiga sesi, yaitu sesi eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Sesi eksplorasi diawali dengan pengajuan berbagai pertanyaan melalui google formulir yang berkaitan dengan pemahaman para peserta pendampingan tentang masalah-masalah yang dihadapi saat sesi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas masing-masing dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda.


Pada sesi elaborasi kegiatan para peserta pendampingan diberikan penjelasan mengenai penulisan BAB 1, 2, 3, dan daftar pustaka mulai dari template proposal PTK, cara menyusunnya, membuat rumusan masalah, sampai menyusun penulisan, materi teori yang akan di kutip, mencari teori artikel di Google Scholar. Para peserta juga secara bersama-sama diajak untuk mempraktekkan langkah-langkah penulisan tersebut yang nantinya dapat diterapkan dalam pembelajaran daring atau jarak jauh.

Setelah mendapatkan pemahaman tentang proposal PTK kemudian peserta secara mandiri menuliskan dan mengumpulkan hasilnya satu hari sebelum pendampingan melalaui platfrom Zoom Meeting. Selain itu, para peserta pendampingan secara individu diminta untuk memberikan komentar dan juga kesannya selama pendampingan.

Hasil pendampingan ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan pemahaman serta kemampuan para guru dalam menggunakan berbagai metode dan cara mengajar. Dengan demikian, kegiatan pendampingan ini juga mampu memberikan kontribusi secara positif dalam rangka peningkatan profesional para guru di MGMP DKI Jakarta.

Pelatihan ini berjalan dengan sangat baik, Bapak dan Ibu guru sangat antusias dalam proses pelatihan ini, meskipun kegiatan ini harus berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Pendampingan ini tentunya menjadi sebuah langkah baik bagi Tim PkM Uhamka dan MGMP Bahasa Indonesia SMP DKI Jakarta dalam rangka ikut berpartisipasi dan berjuang dalam penyelenggaraan pembelajaran bermakna dengan mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + eleven =