Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bersama LPPM UHAMKA mengadakan kegiatan Pelatihan Penulisan Fiksimini Berbasis Ekokritik pada Siswa SMA Muhammadiyah 07 Sawangan, dengan kegiatan secara daring melalui WhatsApp Group (08/5) dengan jumlah peserta 23 siswa.
 

Syarif Hidayatullah selaku ketua kegiatan menuturkan bahwa “kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan kesadaran siswa terhadap lingkungan masih rendahrendah dan melatih para siswa untuk menulis fiksimini” Ujarnya.

Dipilihnya aplikasi Whatsapp Group ini karena memungkinkan tim membagikan materi yang dibutuhkan siswa dalam kegiatan pelatihan. Para siswa aktif berdiskusi tentang maksud dari
ekokritik ini. Materi disampaikan dalam bentuk video yang dapat dilihat oleh siswa melalui tautan pada link Youtube yang diberikan di group Whatsapp

Adapun bentuk kritik yang disampaikan adalah melalui fiksimini. Setiap fiksi mini yang diberikan siswa, dikomentari untuk kemudian melakukan perbaikan atas kekurangan yang terdapat pada fiksimini yang mereka buat. dari 23 orang siswa pelatihan, 16 orang atau 70% sudah menyajikan fiksi mini dengan baik.

Pelatihan ini dilakukan selama dua hari, hasil akhir dari kegiatan ini adalah para siswa menghasilkan fiksi mini berbasis ekokritik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan dengan baik dan memberikan manfaat yang baik bagi para peserta.

Leave a Reply