Program Beasiswa Kuliah

Pandemi Covid-19 belum berlalu, tapi pendidikan harus tetap terus berjalan bagaimana pun caranya. Dalam masa pandemi Covid-19, semua aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Tak terkecuali menuntut ilmu pendidikan bagi siswa maupun mahasiswa.

Pada saat ini berhemat memang menjadi pilihan terbaik pada masa pandemi Covid-19. Mahalnya biaya pendidikan masih menjadi hambatan bagi banyak orang yang ingin melanjutkan kuliah. Sampai saat ini masih banyak para lulusan SMA yang tidak dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi karena terhalang masalah biaya.

Namun, jangan khawatir karena sebenarnya ada banyak beasiswa kuliah yang bisa dimanfaatkan. Penasaran apa saja contoh beasiswa yang bisa kamu coba ikuti? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini.Berikut ini info menarik bagi kamu tentang beasiswa.

  1. LPDP
    Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Program Beasiswa LPDP ditujukan untuk peningkatan aksesibilitas pendidikan tinggi bagi rakyat Indonesia, dengan tetap mengedepankan aspek kualitas pendidikan. Beasiswa LPDP diharapkan dapat menjadi lokomotif kemajuan bangsa Indonesia.

Sasaran pelamar beasiswa adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan, berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral, dan memiliki rencana kontribusi pasca studi untuk kemajuan Indonesia. Pendaftaran beasiswa dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di www.beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

  1. Bidikmisi
    Beasiswa Bidikmisi disebut sebagai bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Bantuan beasiswa Bidikmisi untuk program D3 diberikan selama 6 semester. Sementara itu, untuk program beasiswa D4 dan S1 diberikan selama 8 semester. Uang kuliah akan dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi dan uang saku serta tunjangan buku diberikan langsung pada mahasiswa tiap satu semester. Beasiswa Bidikmisi bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang baru ingin mendaftar kuliah ataupun yang baru diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
  2. Yayasan Beasiswa Jakarta
    Yayasan Beasiswa Jakarta diselenggarakan untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu yang kuliah atau kampusnya di Jakarta. Beasiswa ini hadir bertujuan untuk membantu biaya pendidikan bagi siswa dan mahasiswa dari keluarga kurang mampu, agar dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikannya.
  3. Beasiswa Civitas Yayasan Perguruan Cikini
    Bagi para Lulusan dari SMA atau SMK Perguruan “CIkini” dan yang akan melanjutkan jenjang pendidikan di ISTN, keringanan biaya pendidikan hadir untuk mendukung para civitas Yapercik. Program Beasiswa Civitas Yapercik ini diberikan potongan biaya kuliah hingga 50%. Pendaftaran Online dapat dilakukan di https://pmbonline.istn.ac.id.
  4. Beasiswa ISTN Jalur Prestasi
    Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) menyelenggarakan Program Beasiswa Jalur Prestasi bagi putra/i yang akan melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi. Program Beasiswa Jalur Prestasi ditujukan kepada siswa/i yang memiliki Peringkat 1 sd 10 dan Atau Rapor Sekolah minimal rata-rata 7,5. Perlu dicatat bahwa nilai kamu harus memenuhi persyaratan agar bisa mendaftar di program ini. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, maka 100% pembiayaan akan ditanggung oleh ISTN sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  5. Beasiswa Alumni ISTN
    Bagi sahabat Lulusan dari Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya lagi di ISTN, keringanan biaya pendidikan hadir untuk mendukung para alumni untuk mengembangkan diri. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, maka kamu perlu memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran di situs resmi pmbonline.istn.ac.id. Kamu bisa mendapatkan potongan 20% untuk melanjutkan program studi dari D3 ke S1 dan dari S1 ke S2.

sumber : Sindo

Leave a Reply