Meski sudah banyak pelatihan menulis jurnal, nyatanya hingga saat ini masih banyak dosen yang kesulitan membuat jurnal berkualitas.

Hal itu diungkapkan Ketua Indonesian Association for Public Administration (IAPA) Jawa Barat, Dr. H. Yaya Mulyana Abdul Azis, MSi.
“Sering kali pengelola jurnal mengalami hambatan dari penulisan, editor, dan lain sebagainya. Hadirnya IAPA untuk membantu jika pengelola jurnal di sebuah kampus kekurangan penulis atau editor,” ujarnya.

Hal itu dia sampaikan usai penandatanganan kerja sama antara DPD IAPA Jawa Barat dengan berbagai jurnal perguruan tinggi di Jawa Barat, Kamis 9 September 2021

Yaya menyebut, jurnal saat ini menjadi kunci bagi perguruan tinggi dan dosen untuk meraih akreditasi ataupun pun meraih gelar dalam pendidikan tinggi.

“Kami menyadari akan pentingnya jurnal, baik untuk kepentingan dosen, instansi, maupun akreditasi kampus. Kami dari IAPA mewadahi perguruan tinggi agar jurnalnya semakin berkualitas,” tuturnya.

Untuk mendapatkan jurnal berkualitas, kata Yaya, hal yang dilakukan adalah dengan pengelolaan dan manajemen.
“Sering kali pengelola jurnal mengalami hambatan dari penulisan, editor, dan lain sebagainya. Hadirnya IAPA untuk membantu jika pengelola jurnal di sebuah kampus kekurangan penulis atau editor,” ucapnya.

IAPA akan melakukan pembinaan dosen di berbagai perguruan tinggi yang akan bekerja sama dengan IAPA hingga meraih akreditasi Sinta 1 bahkan internasional.

Sumber : Pikiran Rakyat

Leave a Reply