Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengatakan, indikator utama keberhasilan sebuah sekolah adalah berhasil mengantar siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sedangkan, perguruan tinggi mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja dengan skill mumpuni.

Ia menyebutkan, untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri (PTN) menggunakan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Sebagaimana diketahui, untuk salah seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) menggunakan UTBK.

“Untuk bisa masuk ke dalam proses seleksi perguruan tinggi, nilai UTBK menjadi sangat penting dan sekaligus menunjukan kemampuan peserta didik baik dalam potensi skolastik maupun kompetensi akademik,” kata Nasih pada acara Launching Top 1.000 Sekolah Tahun 2021 Berdasarkan Nilai UTBK secara virtual, Jumat (1/10/2021).

Nasih menyebutkan, terkait dengan UTBK ini, setiap sekolah harus mempersiapkan peserta didik. Pasalnya, persaingan UTBK sangat ketat, terlihat dari top 1.000 sekolah dengan UTBK tertinggi 2021, terdapat banyak sekolah baru yang berhasil masuk top 1.000 sekolah. Tercatat ada 138 sekolah baru.

Berdasarkan sebaran per jenis sekolah yang masuk dan keluar dari top 1.000 sekolah 2021 ini terdiri dari SMA masuk ada 108 sekola dan keluar 110 sekolah, SMK masuk 20 sekolah dan keluar 13 sekolah, MA masuk 10 sekolah dan keluar 11 sekolah, PKBM masuk tidak ada dan keluar 4 sekolah.

“Dari ini juga terlihat ternyata ada SLTA (SMA/MA/SMK) baru yang tahun lalu belum masuk top 1.000 sekarang masuk. Ada juga yang dulu masuk dan sekarang keluar. Ini menunjukan bahwa peta persaingan sangat- sangat dinamis dan tugas kita semua untuk mempersiapkan peserta didik untuk sukses meraih masa depannya,” katanya.

Adapun sebaran top 1.000 sekolah dengan nilai UTBK tertinggi 2021 berdasarkan jenis adalah SMA dengan 870 sekolah, MA ada 65 sekolah, SMK ada 64 sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ada 1 sekolah.

Nasih mengatakan, bagi sekolah yang ingin melihat hasil UTBK 2021 dapat mengunjungi laman LTMPT yakni https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/

Sumber: BeritaSatu.com

Leave a Reply