BEM FT UHAMKA Berdayakan Ekonomi Masyarakat Desa lewat Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pof. Dr Hamka (BEM FT Uhamka) melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) pada ranah Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dengan Digitalisasi UMKM melakukan kunjungan ke Desa Singajaya, Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor Jawa Barat Sabtu (14/08). Kunjungan yang disambut dengan hangat oleh Kepala Desa Singajaya dan tokoh masyarakat sekitar.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa singajaya dengan memanfaatkan revitalisasi lahan terbuka hijau agar menjadi desa yang mandiri dan maju, dengan cara pembudidayaan ikan lele dan hidroponik serta membantu UMKM di Desa Singaja untuk berjualan memalui media elektronik dan internet

Saat ini, tim melaksanakan proses pembesaran ikan lele, penyemaiaan bibit tanaman pokcoi dan kangkong serta mendata UMKM bertempat di Kepang Garden Jl. Kepang Desa Singajaya, Jonggol Jawa Barat. Selanjutnya, UMKM diarahkan agar dapat melakukan proses jual beli melalui media internet dan juga media social, Senin (16/08).

Dosen pendamping Isa Faqihuddin Hanif MKom mengatakan, “Kegiatan ini merupakan program kementrian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui PHP2D, kegiatan ini sangat baik untuk mahasiswa dikarenakan disatu sisi mereka belajar di dalam ruangan disatu sisi lagi mereka harus terjun ke masyarakat agar apa yang dibutuhkan masyarakat langsung dapat di dengar oleh mahasiswa”.

“Harapan ke depannya program ini berjalan dan belanjut terus-menerus, sehingga Desa Singajaya menjadi desa yang mandiri dan maju dengan pemberdayaan Aquaponik serta UMKM yang dapat berjalan mandiri menggunakan media elektronik dan internet yang dibantu dan difasilitasi oleh tim PHP2D BEM FT Uhamka, sehingga masyarakat PKK dan Karang Taruna di desa ini berperan aktif dan mendapat inspirasi untuk memanfaatkan bahkan memajukan desanya sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” tambahnya.

Ketua tim PHP2D BEM FT Uhamka, Iwan Mahyudin mengatakan, “Dalam hal ini PHP2D BEM FT Uhamka melakukan 2 kegiatan yang pertama adalah ternak ikan lele dan hidroponikberupa tanaman kangkung dan pokcoi, harapannya dapat berkembang secara pesat dan maju bahkan bisa lebih banyak dari pada apa yang dibuat, agar nantinya masyarakat sekitar dapat merasakan manfaatnya sehingga bisa menjadi desa yang mandiri dan maju. Pada program ini saya membuat 2 kolam ikan lele berbentuk lingkaran dengan diameter 1,5meter dan membuat hidroponik dengan menggunakan 15 pipa palaron berukuran 6meter dan dapat dimanfaatkan kurang lebihnya sebanyak 500 tanaman dengan masa pembesaran ikan dan tanaman selama 1 hingga 2 bulan, dan yang kedua adalah Digitalisasi UMKM dimana UMKM yang berada di Desa Singajaya dapat melakukan proses jual-beli di media elektronik dan juga internet.”

Sementara itu, Kepala Desa Singajaya mengatakan, “Terima kasih banyak kepada pihak kampus terlebih khusus tim PHP2D Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Jakarta yang telah berkunjung dan melakukan program pemberdayaan desa di Desa Singajaya, semoga program ini lancar dan sukses agar nantinya tujuan dan yang diharakan dapat tercapai oleh semua pihak.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =