Kabar duka datang dari keluarga besar Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Mantan Bendahara Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd tutup usia pada hari ini, Minggu (10/10). Kabar tersebut beredar di sejumlah grup WhatsApp sesaat lalu.

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah, Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd. Mantan rektor UHAMKA/Rektor UM Bandung/Bendum PP Muhammadiyah,” bunyi sebaran tersebut.

Kabar ini turut dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. Ini mengingat Suyatno turut menjabat sebagai Ketua DPW PAN Jawa Tengah.

UHAMKA dan Prof. Suyatno bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Namanya selalu beriiringan. Jika ingat UHAMKA orahg juga nama Prof. Suyatno, begitu sebaliknya. Kepiawaian mengelola UHAMKA tak lepas dari kemampuannnya dalam membina hubungan baik dengan berbagai pihak. Prof. Suyatno adalah sosok yang memegang teguh berkah silaturahim. Baginya silaturahim adalah kunci. Karena silaturahim, jaringan Prof. Suyatno menjadi luas dan kuat. Karena silaturahim pula Prof. Suyatno mampu membuat UHAMKA menjadi kampus yang maju dan terdepan.

Prestasi demi prestasi ia raih. Prof. Suyatno pun didapuk oleh PP Muhammadiyah sebagai Bendahara Umum (2015-2020). Tak berhenti di situ, ia juga diminta untuk mengabdi dan membangun Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB). Prof. Suyatno mengaku, sebagai Muhammadiyah, ia tak bisa menolak amanah apapun yang diberikan PP Muhammadiyah, Prof. Suyatno hanya bisa menerima, menjalankan, dan menjaga kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.

Prof. Suyatno adalah akademisi dan intelektual yang berpihak pada rakyat dan umat. la berani mengambil sikap dan tetap kritis. Prestasinya memimpin UHAMKA dan sebagai rektor cemerlang. Kita perlu banyak guru besar yang peduli dengan situasi serta menyumbangkan pemikiran bagi perbaikan keadaan itu. Pengabdian Prof. Suyatno selama ini sangat saya apresiasi,
Dr. H. Fadli Zon, S.S., M.Sc. – Wakil Ketua DPR RI (2014-2019)

Dedikasi Prof. Suyatno baikdi dunia pendidikan, Muhammadiyah,dan bahkan politik sungguh tak dapat diragukan. Sejak awal reformasi,beliau bersama PakAmien Raisdan para pendahulu Partai Amanat Nasional (PAN) telah berjuang mengawal perubahan bangsa, menegakan prinsip-prinsip demokrasi dan cita-cita reformasi. Betullah kiranya jika rentetan perjalanan hidupnya tak pernah keluardari bingkai; mengabdi,memimpin perubahan.
Dr. H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. – Ketua MPR RI dan Ketua Umum PAN (2015-2020)

Pak Suyatno adalah sosok yang gigih dan ulet. la seperti pemimpinyang tak pernah tidur. Pak Suyatno juga bekerja dengan sangat cepat. Saya kadang agatkewalahan mengikuti irama Pak Yatno dalam bekerja. Terutama dalam; kaitannya dengan pengembangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. – Sekretaris Umum P impi nan’Pusat Muhammadiyah (2015-2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 7 =