Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) milad ke-64, Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dadang Kahmad apresiasi dan berikan selamat atas capaian-capaian melalui inovasi, dan kreasi yang berhasil dicapai Uhamka sebagai ikhtiar menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang unggul.

Menurutnya, UHAMKA sampai pada titik sekarang ini merupakan tidak bisa dilepaskan dari peran seluruh elemen civitas akademika, termasuk seluruh warga Persyarikatan Muhammadiyah.

Dalam pengamatan Dadang, UHAMKA dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan melalui inovasi dan kreasi di berbagai bidang. Hal itu dibuktikan di antaranya baru-baru ini UHAMKA mampu menambah Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, yang pertama di Jakarta.

Selain sarana dan prasarana yang terus dikebut oleh UHAMKA, di sisi lain juga tidak melupakan penguatan dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas civitas akademika, khususnya tenaga pendidik. Saat ini UHAMKA terus mendukung tenaga didiknya untuk melanjutkan pendidikan.

“Dosen dan Tendik untuk terus meningkatkan kompetensi diri untuk menjadi diri yang semakin berkualitas,” tuturnya di acara Milad ke-64 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka : “Menebar Peduli dalam Keterbatasan Pandemi” pada, Kamis (25/11).

Termasuk inovasi dan kreasi dalam perluasan jaringan, baik ke dalam dan luar negeri. Dadang juga mengajak kepada civitas akademika untuk rela berkorban demi kemajuan UHAMKA dan mendukung Muhammadiyah dalam gerakan keagamaan, sosial, dan kemasyarakatan supaya kedepan yang lebih baik.

“UHAMAK sebagai AUM Muhammadiyah memang mencerminkan, merepresentasi dari satu lembaga Muhammadiyah. Memberi manfaat kepada umat, setiap kesempatan apapun juga. Baik waktu susah maupun waktu senang, kita tetap memberi manfaat,” imbuhnya.

Semangat memberi yang dimiliki oleh Muhammadiyah ini jika diikuti dan direpresentasikan oleh UHAMKA akan menjadi kunci panjangnya usia UHAMKA.

Sementara itu, Prof. Gunawan Suryoputro, Rektor UHAMKA dalam sambutannya terkait dengan rencana strategis (renstra) Uhamka.

“Capaian visi Uhamka 2024 yaitu menjadi prophetic teaching university, yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial untuk mewujudkan peradaban yang berkemajuan,” ungkapnya.

Merujuk itu, maka visi utuh untuk tahun 2045 Uhamka ingin menjadi prophetic entrepreneurial university yang unggul dalam pendidikan holistiK untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menebarkan rahmat bagi seluruh alam.

“Jadi sekarang kita masuk pada renstra persiapan prophetic teaching university, nanti setelah 2024 masuk pada pemantapan prophetic teaching university, setelah itu persiapan prophetic research university, dan tahap berikutnya pemantapan. Dan baru kemudian kita masuk prophetic entrepreneurial university”. Imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 19 =