Peran entrepreneur atau wiraswastawan dalam menentukan kemajuan suatu bangsa/negara telah dibuktikan oleh beberapa negara maju seperti Amerika, Jepang, dan juga negara tetangga terdekat kita yaitu Singapura dan Malaysia.

Berkaca pada kesuksesan negara-negara maju tersebut, hampir seluruh perguruan tingginya menyisipkan materi entrepreneurship atau kewirausahaan pada hampir setiap mata kuliahnya. Negara-negara di Asia seperti Jepang, Singapura dan Malaysia juga menerapkan materi entrepreneurship minimal di dua semester.

Itulah yang menjadikan negara-negara tersebut menjadi negara maju dan melakukan lompatan panjang dalam meningkatkan pembangunan negaranya.

Di Indonesia sendiri, perguruan tinggi tidak hanya dituntut untuk membekali para mahasiswanya dengan persiapan karier. Agar setelah menjadi alumni, bisa langsung mencari dan diterima di dunia kerja tetapi harus menyiapkan mahasiswanya agar bisa menjadi seorang pengusaha.

Usaha-usaha untuk menanamkan jiwa dan semangat kewirausahaan di perguruan tinggi terus digalakkan dan ditingkatkan. Tentunya dengan berbagai metode dan strategi yang membuat mahasiswa tertarik untuk berwirausaha, salah satunya dengan menyiapkan lembaga kewirausahaan di kampus.

Leave a Reply