UHAMKA   kembali mendapatkan kehormatan dalam kegiatan Internasionalisasi kampus di Indonesia dengan menjadi host Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Partnership Week yang dihadiri oleh Perguruan Tinggi yang telah mengirim mahasiswa di IISMA tahun 2021 lalu (10/2).

Indonesian International Students Mobility Awards ini adalah salah satu program Kampus Merdeka diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) dan menjadi salah satu program unggulan dari delapan Program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada peguruan tinggi di luar negeri. Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengambil mata kuliah atau kegiatan yang dapat disetarakan dengan mata kuliah di luar mata kuliah kompetesi prodinya.

Dengan program beasiswa ini mahasiswa difasilitasi untuk meraih capaian pembelajaran sesuai minat dan bakatnya sehingga setelah lulus program sarjana dapat bersaing dalam lapangan perkerjaan tidak hanya di tingkat nasional, namun juga lebih luas di tingkat global. Dalam program ini, mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbud selama 1 (satu) semester yang kegiatan pembelajarannya disetarakan hingga 20 SKS, dengan mengambil mata kuliah dan aktivititas pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri. Pembiayaan Program Indonesian International Students Mobility Awards didanai oleh Kemdikbud.

IISMA Partnership Week merupakan program rekomendasi dengan mengirimkan mahasiswa Indonesia untuk melakukan kegiatan kredit transfer di Perguruan Tinggi terbaik di dunia. Hal ini pula merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tidak mudah untuk dicapai. Mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan ini harus memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang baik, IPK yang diatas rata-rata, serta lolos seleksi berkas dan seleksi wawancara.

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka merespon baik akan kegiatan ini, ia mengatakan bahwa “Uhamka adalah kampus yang dinamis dalam kegiatan internasionalisasi yang akan terus berlanjut sesuai dengan tuntutan zaman. Uhamka senantiasa senang berkolaborasi dengan berbagai mitra di dalam dan luar negeri” tuturnya.

Di lain pihak, Andi Rahadiyan Wijaya selaku Koordinator Program IISMA Kemendikbudristek menyampaikan tanggapannya tentang program ini dengan kampus di luar negeri.

“RUDN University merupakan kampus yang memiliki sejarah panjang dan berkaitan dengan sejarah Indonesia. Karena itu berharap agar para pegiat KUI di PTDN dapat menjadikan RUDN University sebagai mitra kerjasama dengan pihak kampus di Indonesia” ujar Andi.

Acara tersebut dipandu oleh MC Fathia Amalia Sulthonah, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan merupakan Awardee Erasmus+ di Sofia University St Kliment Ohridski Bulgaria 2020.

Pada sesi presentasi, Perwakilan dari RUDN University  Gabriel A. Mashiofak, didampingi oleh Papkova Anna sebagai wakil ketua bidang, menampilkan video pengenalan terkait RUDN University, keduanya memberikan beberapa penjelasan mengenai program-program yang terdapat di RUDN University, lengkap dengan informasi link website untuk informasi lebih lanjut terkait fakultas dan jurusan yang tersedia di RUDN University.

Setelah itu, acara berlanjut pada agenda sesi diskusi atau sesi tanya jawab yang dipandu oleh Silih Warni selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka.

Leave a Reply