Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) sebagai kampus Islam terbaik di dunia ke-22 atau terbaik se-Indonesia ke-10 serta telah terakreditasi Unggul turut memperhatikan anak yatim dengan mengadakan santunan kepada 1.000 anak yatim dalam kegiatan tasyakuran Uhamka karena telah memperoleh akreditasi Unggul. Kegiatan ini terlaksana di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, Rabu (17/8).

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Prof Abd. Rahman A. Ghani selaku Wakil Rektor I, Zamah Sari selaku Wakil Rektor II, Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III, Bunyamin selaku Wakil Rektor IV, para Dekan dan Direktur, Kaprodi dan Sekprodi, Kabiro, Unit, dosen, mahasiswa dan stakeholder Uhamka.

Kegiatan ini merupakan rasa syukur akan nikmat Allah SWT yang diberikan kepada Uhamka sehingga kampus Uhamka dapat memperoleh akreditasi yang terbaik yaitu akreditasi UNGGUL. 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan bahwa sebagai bentuk rasa syukur Uhamka karena telah mendapatkan nikmat melalui akreditasi Unggul serta masih dipercaya di masyarakat. Maka Uhamka melalui Lazismu Uhamka laksanakan santunan anak yatim. Hal ini pula sebagai bentuk amanat KI H Ahmad Dahlan yang perlu dilaksanakan oleh Amal Usaha Muhammadiyah dalam kaitan ini adalah Uhamka.

“Alhamdulillah, rasa syukur Uhamka mendapatkan nikmat yang begitu besar yaitu memperoleh akreditasi Unggul dan masih dipercaya di masyarakat. Sebagai bentuk bukti kesyukuran yang didapatkan maka kami Uhamka laksanakan kegiatan ini yaitu syukuran dengan agenda memberikan beasiswa kepada mahasiswa serta yang paling utama yaitu memberikan santunan anak yatim kepada 1.000 anak yatim,” tutur Gunawan.

Gunawan menambahkan, “santunan anak yatim ini merupakan bentuk kepedulian Uhamka terhadap sesama yang harus dilaksanakan atas amanat dari KI H Ahmad Dahlan. Dalam hal ini, Uhamka mempercayakan kepada Lazismu Uhamka untuk menyalurkan santunan ini.”

Sementara itu, Nandi Rahman selaku Kepala Kantor Lazismu Uhamka menginformasikan pada Selasa (16/8) malam bahwa dana peduli yatim yang sudah masuk ke rekening Lazismu Uhamka sebesar Rp127.200.000,- hasil dari urunan Bapak Ibu Dosen maupun Tenaga kependidikan Uhamka serta ditambahkan dana dari Uhamka sebesar Rp 121.000.000,- sehingga total dana yang terkumpul sejumlah Rp 248.200.000,-

“Alhamdulillah, kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada bapak/ibu atas fastabiqu al khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) bapak/ibu untuk Uhamka Peduli Yatim/Piatu/yatim piatu. Semoga Allah melipat gandakan infaq dan shadaqah yang telah disalurkan kepada Lazismu Uhamka,” ujar Nandi.

Leave a Reply