Foto Abi dan Gaby bersama Ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini setelah Upacara Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan 2022 terasa sangat istimewa bagi keluarga besar SMAN 1 Manggar. Selain upacara peringatan yang dilaksanakan di sekolah, keluarga SMAN 1 Manggar juga berkesempatan melakukan upacara peringatan di Kantor Bupati Belitung Timur. Namun yang paling istimewa adalah kehadiran wakil dari SMAN 1 Manggar pada upacara peringatan hari Pahlawan Nasional 2022 pada Kamis (10/11).

Sekolah ini diwakili oleh siswa berprestasinya yaitu Gabriele Claresta Zou dan Abi Fadilah Ramadhan. Mereka tidak hanya mewakili SMAN 1 Manggar namun juga provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Masyarakat tersebut mengangkat tema “Penguatan Nilai Kepahlawanan dan Dialog bersama Ibu Menteri Sosial RI”. Baik Gaby dan Abi serta pendampingnya yaitu Triwarti tidak hanya berkesempatan mengikuti upacara peringatan, namun juga berdialog bersama Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. Mereka kemudian juga berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disusun dari mulai Rabu (09/11) sampai Minggu (13/11).

“Pertama-tama saya berterimakasih banyak kepada SMA Negeri 1 Manggar, kepala sekolah, guru-guru dan juga Dinas Pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung yang telah memberikan saya kesempatan dan amanah yang sangat berharga di tahun ini untuk menjadi Delegasi Provinsi Kep. Bangka Belitung pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta sekaligus Tabur Bunga di Makam Pahlawan bersama Ibu Menteri Sosial”, ucap Gaby.


Tidak hanya itu, Gaby juga mengungkapkan bahwa hari ini ia dan Abi beserta pendamping mendapatkan kesempatan berdialog dengan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

“Pastinya hari ini saya sangat senang, bangga, dan tentunya juga terharu bisa memperingati Hari Pahlawan Nasional langsung dari Jakarta. Kami juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan beliau dalam kegiatan Penanaman Nilai Kepahlawanan Melalui Pelajar. Hal ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa”, ungkap Gaby.

Perasaan yang sama juga disampaikan oleh Abi Fadilah Ramadhan. Siswa yang juga merupakan paskibraka nasional 2022 ini mengaku sangat bersyukur diberikan kesempatan upacara di Taman Makan Pahlawan Kalibata.

“Rasanya saya sangat bersyukur ditahun ini dapat menjadi wakil Bangka Belitung dalam upacara peringatan hari Pahlawan 2022. Kegiatan ini benar-benar memberikan saya pemahaman yang lebih baik mengenai nilai-nilai kepahlawanan”, ungkap Abi.

Saat ditanya mengenai harapan keduanya, baik Gaby dan Abi berharap hari Pahlawan Nasional merupakan momentum untuk mendalami dan mengaktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan.

“Harapan kami kedepannya adalah agar generasi muda dapat memaknai Hari Pahlawan Nasional yang bukan hanya tentang upacara ceremonial saja, namun menjadi momentum dimana generasi muda dapat kembali merenungkan dan kemudian meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan dengan prestasi-prestasi dan rasa nasionalisme yang tinggi”, ungkap Gaby.

Pendamping Gaby dan Abi, Triwarti juga mengaku sangat bangga dapatmenghadiri langsung peringatan Hari Pahlawan 2022.

“Sebuah kebanggaan dan rasa syukur tak terhingga kepada Allah SWT bisa menghadiri upacara hari pahlawan nasional tahun 2022 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta Selatan, kegiatan ini adalah suatu pengalaman berharga bagi siswa kami dan saya pribadi yang tidak semua orang dapat dapatkan”, ungkap Triwarti.

“Kemudian tema Hari Pahlawan tahun ini adalah “Pahlawanku Teladanku” mengingatkan kami semua akan nilai semangat para pejuang. Semangat ini dapat menjadi contoh & tauladan bagi kami sebagai insan pendidikan yang bersenjatakan ilmu & pengetahuan untuk menyelamatkan bangsa dari ketidaktahuan”, ungkap Triwarti

“Tahun ini adalah tahun yang istimewa bagi SMAN 1 Manggar karena kami dapat memperingatinya di tiga tempat berbeda yaitu sekolah, kantor bupati Belitung Timur, dan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Untuk peringatan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata sendiri kami diwakili oleh dua orang siswa berprestasi yaitu Abi Fadilah Ramadhan dan Gabriele Claresta Zou. Terimakasih sebesarnya kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah mempercayakan siswa kami menjadi wakil provinsi dalam kegiatan tersebut. Semoga nilai-nilai kepahlawanan dapat terus kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi semangat dalam mengisi kemerdekaan ”, ungkap Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin.

Leave a Reply