Kemeriahan acara pembukaan Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah tidak hanya dapat disaksikan secara langsung, namun juga bagi masyarakat yang tidak bisa hadir tetap bisa menyaksikan kemeriahan acara pembukaan Muktamar 48 melalui kanal Youtube tvMu Channel.

Pembukaan Muktamar 48 diawali dengan penampilan dari paduan suara yang menyanyikan lagu daerah lengkap dengan koreo yang indah

Kemudian acara menampilkan dari perguruan seni bela diri Indonesia dan marching band yang merupakan kolaborasi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, UM Yogyakarta dan UM Malang.

Dan Presiden Jokowi membuka secara resmi Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di stadion Manahan Solo (19/11-2022)

Pada hari sebelum nya  telah dilaksanakan Sidang Pleno IV Tanwir Muhammadiyah telah mengesahkan 39 nama calon tetap pimpinan Muhammadiyah 2022-2027.

Sebanyak 197 peserta Tanwir Muhammadiyah, melakukan pemilihan calon tetap Pengurus Pusat Muhammadiyah Periode 2022 di Auditorium Moh.Djazman Universitas Muhammaidyah Surakarta, Jumat, ( 18/11/22).

Ketua Panitia Pemilih, Dahlan Rais menyampaikan ada 202 yang mestinya harus melakukan pemilihan, namun ada 5 orang yang tidak dapat memilih. 3 diantaranya sakit dan 1 tidak berangkat.

“Nanti ada berita acara kita syukuri berjalan sesuai rencana,” ujarnya.

Setelah itu dilakukan pembacaan berita acara Sidang Tanwir oleh Sekretaris Panitia Pemilihan, Budi Setiawan. Salah satu isinya adalah pembacaan 39 calon tetap pimpinan Muhammadiyah yang telah terpilih dari 92 calon sementara.

Dahlan Rais mengatakan. Pemilihan calon tetap dilakukan secara e voting yang telah memenuhi syarat Luber.

“Langsung umum bebas rahasia jujur karena mesin tidak bisa berbohong. Jadi insya Allah hasil ini bisa dipertanggungjawabkan karena memenuhi persyaratan yg ada,” kata Dahlan Rais.

“Apakah bisa silahkan hasil tadi?” tanya Dahlan Rais kepada peserta sidang Tanwir.

“Sah,” jawab peserta.

“Alhamdulillah dengan demikian tugas Panitia Pemilih untuk sidang Tanwir sudah selesai. Dan besuk masih ada pemilihan pimpinan tetap di di persidangan Muktamar yang melibatkan 20 kali lipat karena akan melibatkan 2600. Angka 39 ini akan dibawa ke Sidang Muktamar untuk dipilih 13 pimpinan tetap,” kata Dahlan Rais.

Hasil pemilihan calon tetap itu kemudian dimasukkan dalam berita acara Keputusan Tanwir 2022 persidangan yang kemudian dibacakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Sementara itu dalam penutupan Persidangan Tanwir, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan persidangan Tanwir telah berjalan baik dan ditutup pengumuman 39 calon tetap.

“Karena itu kami ucapkan terima kasih kepada SC, panitia pusat, panitia penerima dan Panitia pemilih yang telah melaksanakan Tanwir juga kepada seluruh peserta anggota tanwir yg telah bersidang sejak pagi hari sampai sore,” kata Haedar Nashir.

Haedar Nashir menyampaikan persidangan Tanwir berjalan serius tapi santai. Ada kegembiraan juga ada kebersamaan yang menandakan itulah Muhammadiyah.

Namun juga tetap produktif, serta menghasilkan yang baik bagi Muhammadiyah dan Aisyiyah,” kata Haidar Nashir

“Insya Allah ini representasi Muktamar dalam melaksanakan persidangan muktamar besuk hari yang diharapkan berjalan baik..

Berikut 39 calon tetap hasil sidang Tanwir 18 November 2022:

  1. Anwar abbas
  2. Syamsul Anwar
  3. Haidar Nashir
  4. Saad Ibrahim
  5. Abdul Mu’ti
  6. Dadang Kahmad
  7. Hilman latief
  8. Syafiq A Mughni
  9. Amirsyah Tambunan
  10. Busro Muqoddas
  11. Agus Taufiqurahman
  12. Imam ad Daruqutniy
  13. Agung Danarto
  14. Marpuji Ali
  15. Muhadjir Efendi
  16. Ary Anshori
  17. A. Dahlan Rais
  18. Sofyan Anief
  19. Muhammad Ziyad
  20. Khoirudin Bashori
  21. M Sayuti
  22. Ma’mun Murod
  23. Irwan akib
  24. M. Agus Samsudin
  25. Hajriyanto Y Thohari
  26. Fathurohman Kamal
  27. Armyn Gultom
  28. Zakiyyudin Baedhowi
  29. Agus sukaca
  30. Hamim Ilyas
  31. Untung Cahyono
  32. M Rizal Fadilah
  33. Budi Setiawan
  34. Ambo asse
  35. Bambang Setiaji
  36. Ahmad Khairudin
  37. Asep Purnama Bahtiar
  38. Syaifullah
  39. Saidul Amin

Leave a Reply