Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan pembukaan Pekan Ta’aruf (PETA) Uhamka tahun 2023 dengan tema Semangat Hamka Muda dalam Berkarya Menuju Generasi Emas yang Berkemajuan dan juga penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSF RI) di lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Senin (18/9).

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Dadang Kahmad selaku Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka, Anisia Kumala selaku Wakil Rektor I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Rommy Fibri Hardiyanto selaku Ketua Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSF RI), jajaran dekan Uhamka, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uhamka dan stakeholders.

Selain itu, di acara PETA Uhamka ini dihadiri juga oleh artis Indonesia diantaranya Deva Mahenra, Tissa Biani dan Iqhbal Liga Dangdut Indonesia (LIDA).

Prof Dadang Kahmad selaku Ketua BPH Uhamka menuturkan bahwa kegiatan PETA Uhamka tahun 2023 ini merupakan hal yang positif sebagai bentuk pengenalan kampus Uhamka kepada mahasiswa baru. Di kesempatan ini, mahasiswa baru atau disebut juga Hamka Muda akan diajarkan keterampilan membaca, menulis, menjaga suasana akademik yang baik serta menunjang keberhasilan mahasiswa.

“Di samping itu, Hamka Muda juga harus diberikan juga tentang Muhammadiyah secara awal, karena Uhamka merupakan kampus milik Muhammadiyah dan menjadi muslim yang baik. Kemudian harapan saya kepada mahasiswa baru ini agat dapat menjadi kader-kader masyarakat yang sangat berkualitas dibidang akademik dan soft skill. Saya juga berpesan bahwa kunci dari kesuksesan seseorang ialah dengan gemar membaca, maka untuk Hamka Muda yang ingin sukses jadilah gemar dalam membaca,” tutur Prof Dadang.

Selanjutnya, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka yang mewakili Rektor Uhamka menyampaikan, kegiatan pembukan PETA Uhamka 2023 ini berjalan dengan semestinya. Selain kegiatan pembukaan ini, Uhamka bersama LSF RI melakukan kerja sama yang ditandai dengan penandatangan MoA. Tujuan dari kerja sama ini yaitu untuk Penyelenggaraan Kegiatan Penelitian Persepsi Penonton tentang Kriteria Penyensoran dan Perilaku Bermedia Tahun 2023.

“Tentu yang pertama harapan saya untuk mahasiswa baru atau Hamka Muda ini dapat melaksanakan kuliah dengan benar dan baik hingga selesai tepat waktu. Kemudian yang kedua, mulai dari PETA Uhamka hingga kedepannya menjalani proses perkuliahan dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia di masa depan. Jadi, kalau kita ingin melihat masa depan Indonesia, maka kita harus melihat anak muda di hari ini. Dan sebagian anak muda itu ada di Uhamka, maka kita menitip harapan masa depan itu sebagiannya melalui mahasiswa baru Uhamka,” ujar Fajri.

Di lain pihak, Rommy Fibri Hardiyanto Ketua LSF menyampaikan apresiasi Uhamka atas pelaksanaan PETA Uhamka 2023, juga atas kolaborasi yang dibangun dengan LSF. Menurutnya, mahasiswa memiliki peran sentral untuk mensosialisasikan budaya sensor mandiri di kalangan masyarakat pada era digital saat ini.

“Apabila mahasiswa Uhamka dapat menyuarakan budaya sensor mandiri, yaitu memilah dan memilih tontonan sesuai klasifikasi usia, maka akan menjadi perhatian masyarakat luas. Bayangkan apabila adik-adik kita mengunggah artikel atau tulisan di media sosial tentang sensor mandiri akan menjadi booster untuk menggaungkan budaya sensor mandiri di masyarakat. Inilah peran sentral mahasiswa” lanjut Rommy.

Iqhbal LIDA yang hadir pada acara ini juga mendukung mahasiswa agar terus mengejar cita-citanya sebagai generasi muda. Ia terkesan dengan Hamka Muda yang semangat dalam menimba ilmu di Uhamka.

“Disini aku terkesan dengan Hamka Muda yang tahun ini luar biasa semangatnya, benar-benar ingin menimba ilmu disini. Jangan lupa untuk terus mengejar cita-cita kalian, jika kalian memiliki passion terus lanjutkan itu dengan positif,” pungkasnya.​

Leave a Reply