Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bersama Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPAIK) Uhamka dan Aqso Working Group (AWG) menyelenggarakan rapat persiapan untuk seminar dan pameran perjuangan Palestina, Ruang Sidang I Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Kamis (4/1).

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Sudarnoto Abdul Hakim selaku Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Muhib Rosyidi selaku Ketua LPPAIK Uhamka, Rustam Effendi selaku Anggota Presidium dari AWG berserta jajarannya.

Prof Sudarnoto Abdul Hakim selaku Sekretaris BPH Uhamka menuturkan, koordinasi kegiatan ini sebagai wadah dalam mempererat hubungan solidaritas dan kepedulian warga Indonesia terutama dari kalangan mahasiswa Uhamka terhadap konflik yang sedang dialami oleh Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan bagi bangsanya dari gempuran dan serangan zionis Israel yang telah melakukan genosida terhadap warga Gaza.

“Kegiatan koordinasi ini sebagai rencana Uhamka dengan Aqsa Working Group dalam mengadakan kegiatan seminar program literasi dalam meningkatkan wawasan, kepedulian dan solidaritas atas konflik yang akhir-akhir ini terjadi di Palestina yaitu genosida yang terjadi di Gaza yang dilakukan oleh zionis Israel. Kegiatan akan dihadiri oleh para mahasiswa dengan narasumber yang berasal dari Uhamka, Relawan MER-C, dan kedutaan Palestina untuk Indonesia,” tutur Prof Sudarnoto.

Sementara itu, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka menyampaikan, rapat koordinasi ini merupakan pertemuan yang kedua dalam rangka menindaklanjuti pertemuan Uhamka dengan AWG terkait Palestina. Kerja sama tersebut yaitu untuk menyelenggarakan kegaiatan seminar dan pameran.

“Tujuan dari seminar ini adalah untuk memberikan literasi kepada generasi Z agar memahami tentang sejarah perjuangan Palestina. Insya Allah seminar ini akan diadakan pertengahan bulan Januari 2024. dan narasumber yang akan hadir dari Majelis Ulama Indonesia, kedutaan besar Palestina, pihak AWG dan Uhamka,” ucap Fajri.

Di lain pihak, Rustam mengatakan bahwa AWG diundang oleh Uhamka untuk mengikuti kegiatan rapat koordinasi dalam rangka persiapan seminar dan pameran perjuangan Palestina. Pada seminar mendatang, AWG akan menjadi narasumber serta turut andil dalam pameran foto.

“Pada seminar dan pameran foto yang mendatang, kami akan memaparkan foto-foto kegiatan dari kedutaan Palestina. Melalui kegiatan ini AWG bersama Uhamka menyuarakan kepada seluruh rakyat Indonesia dan dunia untuk menuntut dunia internasional, yakni Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB agar perang dapat dihentikan. Karena saudara kita di Palestina membutuhkan uluran tangan dari seluruh dunia,” ujar Rustam.

Leave a Reply