Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) berhasil meraih peringkat 5 dalam Impact Rank Website atau peringkat website universitas melalui uhamka.ac.id untuk perangkingan Webometrics Ranking of World Universities untuk edisi yang dikeluarkan pada Juli 2023.

Impact Rank dalam Webometrics adalah salah satu parameter yang digunakan sebagai penentuan peringkat universitas atau institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia dengan mengukur dampak atau pengaruh akademis suatu universitas berdasarkan ketersediaan konten akademis yang dapat diakses secara online sebagai kontribusi dan dampak akademis institusi di dunia maya.

Webometric menggunakan beberapa aspek yang dapat menjadi pertimbangan dalam mengukur impact website yang mencakup; Pengunjung dan Lalu Lintas Website (Website Traffic), Engagement atau Keterlibatan pengguna website dan dan tingkat interaksi dengan konten, Pengaruh dalam Industri atau Komunitas, Pengaruh Sosial dan Citra Merek dan Konversi dan Tujuan Bisnis dari website universitas.

Impact Rank Website uhamka.ac.id telah berhasil menduduki peringkat 5 diantara perguruan tinggi negri maupun swasta se-Indonesia. Hal ini sesuai data yang diterbitkan oleh laman resmi https://www.webometric.info untuk edisi pemeringkatan bulan Juli 2023. Website Uhamka berada di posisi ke 5 ini Uhamka berhasil mengungguli beberapa perguruan tinggi negri ternama diantaranya UNS yang berada pada peringkat 6, IPB yang berada pada peringkat 7, UPI yang berada pada peringkat 8 dan ITB yang berada pada peringkat 9.

Selain itu, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Webometrics edisi Juli 2023 tersebut juga dapat di ketahui bahwa peringkat Impact Rank Website uhamka.ac.id berada pada rangking 494 dijajaran seluruh perguruan tinggi se dunia.

Leave a Reply