Oleh Mahasiswa Farmasi FFS UHAMKA

Mahasiswa Farmasi FFS Uhamka melaksanakan kegiatan pemberdayaan keluarga dhuafa yang berada di wilayah sekitar Jabodetabek. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok dengan berkolaborasi bersama dosen mata kuliah kemuhammadiyahan.  

Kegiatan ini sebagai bentuk pengamalan dan pembelajaran kepada mahasiswa dalam melaksanakan salah satu surah yang ada di dalam Al-Qur’an Yakni surah Al-Ma’un. Kandungan dari surah Al-Maun ini menjelaskan kepada manusia untuk saling membantu dan memberikan kepedulian terhadap sesama termasuk juga kepada keluarga yang kurang mampu (dhuafa).

Salah satu kelompok yang mengadakan kegiatan pemberdayaan terhadap keluarga dhuafa adalah kelompok 9 yang beranggotakan Anisah Aulia Utami, Husnul Hafifah dan Tessa Ana Destiana. Mereka mengadakan pemberdayaan kepada keluarga Bu Paisah yang merupakan salah satu keluarga dhuafa yang berada di Cileungsi, Bogor.

Bu Paisah yang telah berusia 60 tahun merupakan seorang istri dari bapak Saiful dan ibu dari 3 orang anak yang salah satunya mengidap penyakit Diabetes Melitus. Bu Paisah dan keluarganya tinggal bersama di sebuah rumah kontrakan yang kurang layak huni dan Bu Piasah bersama suaminya bekerja mengumpulkan rongsokan. Namun Pengahasilan yang didapatkannya kurang mencukupi kebutuhan hidup dan mengobati penyakit anaknya. Oleh karena itu, Bu Paisah berjualan nasi uduk didepan rumahnya untuk menutupi kekurangannya namun karena keterbatasan dana mengakibatkan jualan Bu Paisah tidak berjalan semestinya. Karena hal itulah yang menyebabkan kelompok 9 berniat untuk membantu Bu Paisah dengan memberikan bantuan modal dan bahan baku / sembako yang diharapkan mampu mengurangi kesulitan keluarga Bu Paisah.

Anisah yang merupakan salah satu anggota kelompok 9 mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bersama kedua rekannya (Husnul dan tessa) sangat menyenangkan  dan memberikan banyak pembelajaran  yang berharga karena dapat turut ikut andil secara langsung dalam kesempatan mengikuti kegiatan pemberdayaan sebagai bentuk pengamalan kandungan ayat dari surah al-Ma’un.

Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan kepada keluarga Bu Paisah dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2023 di Siang hari. Anisah dan kedua rekannya (Husnul Dan Tessa) mengunjungi kediaman Bu Paisah yang berada di Kampung Rawahingkik, No. 58, RT.001/RW.008, Kelurahan Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kota Bogor dengan sambutan yang hangat oleh keluarga Bu Paisah.

Bantuan Pemberdayaan yang diberikan kepada Keluarga Bu Paisah adalah bantuan modal usaha berupa uang tunai dan bahan-bahan untuk keperluan berjualan nasi uduk dan berjualan minuman didepan rumahnya beserta sembako untuk mencukupi kebutuhan keluarga Bu Paisah.

“Alhamdulillah kegiatan yang telah kami lakukan dari bulan November sampai akhir Desember dengan membuka penggalangan dana untuk membantu keluarga Bu Paisah terlaksana dengan baik dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1.875.000. Dana tersebut berasal dari penggalangan dana yang dilakukukan baik melalui media online maupun offline. Dengan dana tersebut, kami gunakan untuk membeli kebutuhan yang diperlukan untuk membantu modal usaha Bu Paisah. “Ujar Husnul.

“Dengan adanya kegiatan ini membuat kami bersyukur terhadap rezeki yang telah Allah SWT berikan kepada kami dan memotivasi kami untuk terus membantu keluarga-keluarga yang kurang mampu sebagai sikap saling membantu sesama. “Ujar Tessa menambahkan kesan dan pesannya terhadap kegiatan pemberdayaan keluarga dhuafa ini.

Keluarga Bu Paisah merasa sangat bahagia dan teharu menerima bantuan yang telah diberikan, tak lupa ucapan terima kasih Bu Paisah dan mendoakan kesuksesan untuk mahasiswa farmasi FFS UHAMKA yang telah mengadakan kegiatan pemberdayaan ini.

“Terima kasih ya, Ibu tidak bisa membalas semua yang telah diberikan oleh Anisah, Husnul dan Tessa. Ibu sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena mengajarkan untuk bisa peduli terhadap orang yang ada dibawah. Semoga kalian sukses selalu dan tidak lupa kepada ibu ya nak.” Ujar Bu Paisah sebagai ucapan rasa terima kasihnya atas bantuannya yang telah beliau terima.

Leave a Reply