Mega Elvianasti Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Program S3 Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP) dengan disertasi yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Etno-SILAT Berbantuan Augmented Reality untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif, Kritis dan Technological Knowledge Mahasiswa melalui platform Zoom Meeting, Jumat (29/12).

Ujian ini dihadiri oleh Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Gufron Amirullah selaku Ketua Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka, Maryanti Setyaningsih selaku Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP Uhamka, Prof Lutfi selaku Promotor, Prof Rahardian Zainul selaku Co-Promotor, Prof Festiyed selaku Pembahas I, Skunda Diliarosta selaku Pembahas II, Prof Sudarmin selaku Pembahas Tamu.

Mega Elvianasti mengatakan bahwa tujuan penelitian ini akan turut berkontribusi dalam pendidikan di perguruan tinggi untuk membentuk karakter mahasiswa. Kontribusi lainnya untuk meningkatkan pengetahuan kearifan lokal. Dosen juga berkontribusi besar dalam kompetensi pedagogik yang terintegrasi kearifan lokal.

“Saya turut berterima kasih kepada seluruh pimpinan UNP, tim penguji, Dekan FKIP Uhamka, Ketua LPPM Uhamka, seluruh dosen Biologi FKIP Uhamka yang telah mendukung hingga penulisan disertasi ini selesai, terima kasih kepada suami serta keluarga besar saya yang terus memberikan doa dan dukungannya selama ini,” ujar Mega.

Sementara itu, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka menuturkan, FKIP Uhamka sangat ingin bekerja sama dengan UNP di bidang penelitian dan lainnya.

“Saya kira penelitian Ibu Mega dengan bimbingan bapak dan ibu sekalian menjadi penelitian terbaharu dan dapat mendorong prodi Pendidikan Biologi FKIP Uhamka semakin berkemajuan,” tutur Purnama. 

Selain itu, Refnaldi selaku Wakil Rektor I UNP menyampaikan selamat kepada promovendus dengan nama Mega Elvianasti atas perolehan gelar tertingginya di UNP.

“Promovendus dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude. Kami dari tim penguji mengucapkan selamat kepada Mega Elvianasti atas pencapaian gelar doktor ini. Semoga ilmunya berkah dan dirahamati oleh Allah Swt,” ucap Refnaldi.

Leave a Reply