Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan peluncuran Majalah Jurnalis Unggul (JUANG) bertemakan Membuat Keragaman Berita dan Kerja Sama untuk Menciptakan Jurnalis Yang Unggul, Ruang 306, Lantai 3, Gedung FKIP Uhamka(2/2).

Kegiatan dihadiri oleh Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Prof Prima Gusti Yanti selaku Kaprodi PBSI FKIP Uhamka, Abdul Latif selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Jurnalistik Profesi Jurnalis PBSI FKIP Uhamka, Raihan Cahya Muharram selaku Ketua Kelas Jurnalistik PBSI FKIP Uhamka, dan Mahasiswa semester V PBSI FKIP Uhamka.

Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka menuturkan bahwa kegiatan peluncuruan majalah JUANG yang digagas oleh mahasiswa PBSI FKIP Uhamka. Majalah ini merupakan luaran atau produk dari mata kuliah Jurnalistik Profesi Jurnalis. Ia berharap, PBSI FKIP Uhamka dapat semakin menunjukkan keunggulannya dan untuk mata kuliah Jurnalistik ini diharapkan, dosen pengampu dapat membimbing dan mengarahkan baik teori maupun praktiknya.

“Mahasiswa PBSI FKIP Uhamka sangat luar biasa sudah dapat menghasilkan luaran dari mata kuliah Jurnalistik Profesi Jurnalis berupa majalah dengan judul JUANG atau Jurnalis Unggul yang diampu oleh Bapak Abdul Latif sebagai dosen mata kuliah tersebut. Saya berharap untuk PBSI FKIP Uhamka dapat menunjukkan segala keunggulan yang dimiliki. Dan untuk mata kuliah Jurnalistik ini diharapkan, dosen pengampu dapat membimbing dan mengarahkan baik teori maupun praktiknya,” tutur Ika.

Di lain pihak, Prof Prima Gusti Yanti selaku Kaprodi PBSI FKIP Uhamka mengatakan, pada prodi PBSI FKIP Uhamka memiliki tiga mata kuliah pilihan selain dari fokus keguruan, mahasiswa dapat memilih fokus mata kuliah lain diantaranya, Jurnalistik, Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) dan Sastra Digital. Ia juga menambahkan, setelah adanya peluncuran majalah ini kedepannya akan memperluas topik yang akan dipilih agar dapat dibaca oleh masyarakat luas.

“Mudah-mudahan dengan dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik, kedepannya untuk menghasilkan majalah yang dapat diterima oleh khalayak ramai dengan ragam topik yang lebih luas,” ucap Prof Prima.

Selain itu, Abdul Latif selaku Dosen pengampu mata kuliah kelas Jurnalistik Profesi Jurnalis juga menyampaikan penyusunan Majalah JUANG sebagai bentuk luaran dari kreativitas dan penguatan skill mahasiswa dalam bidang profesi jurnalistik sebagai pengalaman selama menempuh mata kuliah ini.

“Majalah ini sebagai bentuk luaran mata kuliah kelas jurnalistik dalam menulis berita yang baik dibidang jurnalistik. Kemudian proses pembuatan majalah ini melalui praktik diskusi dan menjadi. Saya berharap ini dapat menjadi pengalaman untuk mahasiswa dalam jurnalistik,” ujar Latif.

Raihan Cahya Muharram selaku Ketua Kelas Jurnalistik Profesi Jurnalis sekaligus Ketua Tim Majalah Jurnalistik menyampaikan,  melalui mata kuliah Jurnalistik dapat menjadi sarana dalam menambah pengalaman liputan berita dan penyusunan majalah.

“Selama mata kuliah Jurnaslistik, kami telah membuat berita seputar kemajuan FKIP Uhamka, saya merasakan beberapa manfaat seperti menulis berita yang baik dan benar selama mengikuti kelas jurnalistik semester V, serta bisa belajar mendesain majalah yang menarik,” ucap Raihan.

Leave a Reply