Badan Pengembangan Teknologi Informasi (BPTI) Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan acara Penghargaan Mahasiswa Peduli IT 2024 di Gedung A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP ) Uhamka, Kamis (1/2).

Acara ini dihadiri oleh Muhammad Dwifajri Warek IV Uhamka, Endy Sjaiful Alim Kepala BPTI Uhamka, perwakilan dari Indosat, segenap Stakeholder BPTI Uhamka, dan Mahasiswa.

Dalam sambutannya,      Endy Sjaiful Alim Kepala Badan Pengembangan Teknologi Informasi UHAMKA menyampaikan harapannya bahwa mahasiswa yang terpilih akan menjadi duta IT bagi Uhamka yang akan menyebarkan environment IT yang positif di Uhamka.

“Semoga peserta yang terpilih mampu memberikan masukan-masukan yang membangun bagi pemanfaatan dan pengembangan IT Uhamka. Uhamka akan memasuki tahap pemantapan Prophetic teaching university,  dari sisi pengembangan IT akan fokus  pada pengembangan data analitik. Indikator yang paling konkrit adalah peringkat webometrics Uhamka yang meningkat,” ujarnya.

Muhammad Dwifajri Wakil Rektor IV, menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mengapresiasi  mahasiswa yang telah memberikan kontribusi dalam kemajuan dan kepedulian terhadap pemanfaatan serta pengembangan IT di Uhamka. Selain itu, menurutnya, dunia IT harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Stakeholder pendidikan.

 “IT harus digunakan dan dimanfaatkan dengan baik, bahwa akan merugi jika IT dalam lingkungan pendidikan sama dengan IT diluar dunia pendidikan. IT seperti dua mata pisau, tergantung kepada si pengguna siapa yang menggunakannya. Maraknya gosip dan hoaks menjadi sebuah ancaman bagi para kalangan muda. Kegiatan ini menjadi penting bagi kita semua, hal ini berkaitan dengan penggunaan Teknologi harus dimanfaatkan dengan baik. Semoga duta IT yang terpilih mampu memberikan dampak positif baik bagi masyakat kampus uhamka maupun masyarakat luas di luar Uhamka, sehingga kebermanfaatan data digital dilingkungan uhamka bisa berdampat secara internal, nasional bahkan internasional,” lanjutnya.

Proses pemilihan mahasiswa peduli IT ini dilaksanakan secara berjenjang dengan pengamatan data analitik pemakaian Online Learning Uhamka oleh mahasiswa. Kemudian, pengamatan data pelaksanaan survey mahasiswa dan dilanjutkan dengan polling secara digital dalam platform online learning uhamka. Mengamatan ini dilakukan oleh team BPTI Uhamka secara internal dan didukung oleh team Indosat sebagai team eksternal yang selama ini sebagai mitra Uhamka dalam penggunaan Google Cloud Planform dan Google Workspace di Uhamka.

Puncak acara adalah pengumuman pemenang “Mahasiswa Peduli IT UHAMKA 2024”. Terpilih enam mahasiswa terbaik yang berhasil meraih peringkat teratas mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan, diantaranya:

1.     Muhammad Imam Saputra dari program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka

2.     Alfina Anggraini dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka

3.     Irgi Ahmad Fahreza dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Uhamka

4.     Nadia Maghvira Anggraini dari program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Uhamka

5.     Nisa Imelda Rustandi dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka

6.     Siti Ismawati dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka

Leave a Reply